FKIP Akan Perkuat Jurnal Ilmiah di Tingkat Prodi

0
957

Muaro Jambi-Dekan bersama Divisi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (Unja) menggelar pertemuan dengan ketua Program Studi (Prodi) serta pengelola jurnal di setiap prodi untuk menghidupkan kembali jurnal ilmiah dan mendorong publikasi di tingkat internasional.

Prof Dr rer nat Asrial Msi selaku Dekan FKIP mengatakan, melalui Divisi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) FKIP akan membentuk tim untuk menghidupkan jurnal ilmiah yang ada disetiap Prodi.

“Jurnal interen disetiap Prodi banyak yang tidak hidup maka akan dihidupkan lagi, jurnal ini harus hidup berkelanjutan. Secara substansi atau isinya silahkan Prodi yang mengelola tapi teknis penerbitannya biar DP2M FKIP yang mengelola agar tetap berlanjut,” katanya, Kamis (13/4).

Ditambahkannya, untuk penerbitan dijurnal internasional, juga akan dibentuk tim untuk penerjemah bahasa sampai penerbitannya.

“Setiap tahun ada jurnal internasional yang terbit dari kita. Oleh itu saya akan bentuk tim isinya dari masing masing Prodi dan ada orang yang menerjemahkan ke bahasa inggris. Kemudian ada orang yang mengurus menerbitkan ke jurnalnya,” tandasnya.

Terpisah, Syahrial Med PhD, ketua DP2M FKIP menuturkan, dengan adanya tim pengelola jurnal dari 13 Prodi di FKIP dapat meningkatkan kualitas jurnal itu sendiri sehingga sehingga dapat mengangkat kareditasi Prodi, Fakultas, dan Universitas sekaligus mengangkat kredit point bagi dosen yang bersangkutan.

“Selama ini jurnal Prodi bergerak sendiri-sendiri, ada yang kurang konsisten. 13 Prodi akan bekerja sama mengelola jurnal saling bantu. Kita kelola dengan baik dan profesional dikelola secara central,” tuturnya.

Reporter: Priyanto

Redaktur: Hilman Yusra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here