PG-Paud Unja Gelar Observasi Terkait Perkembangan Anak Usia Dini

0
1775

Muaro Jambi-Mahasiswa Pendidikan Guru (PG) Pendidik Anak Usia Dini (Paud) Universitas Jambi (Unja) melakukan observasi ke beberapa Taman Kanak-kanak (TK) yang berada di Provinsi Jambi dalam rangka peninjaun tentang pengembangan sosial emosional anak, Senin (17/04). Observasi yang dilakukan secara individu ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian mahasiswa dalam menangani gejala-gejala sosial emosional yang akan menempah karakter pada anak usia dini.

Menurut Arni Yolanda, salah satu mahasiswa PG-Paud yang melakukan observasi mengatakan bahwa tujuan dari observasi ini sebagai pengenalan terhadap lingkungan awal berupa interaksi sosial anak pada lingkungan sekolah anak usia dini.

“Tujuan dilaksanakan observasi yaitu pengenalan lingkungan awal pada anak usia dini, mengetahui perkembangan sosial emosional anak dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar terutama padas saat disekolah” ujarnya.

Selain itu tambahnya, observasi yang dilakukan berupa mengamati perkembangan sosial emosional anak pada saat proses pembelajaran anak disekolah dan kegiatan keseharian seperti makan bersama, berdoa, dan bermain pada anak usia dini di lingkungan sekolah, khususnya di tingkat TK.

“Saat observasi dilakukan dengan mengamati anak pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, makan bersama, berdoa, dan bermain yang berlangsung pada anak di lingkungan sekolah” tambahnya.

Ditemui ditempat terpisah, Nyimas muazzomi, S.Ag, M.Pd.I selaku dosen pengampu Mata Kuliah Perkembangan Sosial dan Emosional Anak mengungkapkan bahwa untuk melihat gejala-gejala perkembangan sosial emosional pada diri seorang anak tidak dapat dilakukan hanya melalui teori melainkan dengan melihat fakta yang terjadi di lapangan secara langsung melalui observasi.

“Pengembangan sosial dan emosional anak itu tidak bisa dilakukan hanya di dalam kelas, melainkan mahasiswa harus melihat gejala-gejala yang terjadi tersebut di lapangan” pungkasnya.

Reporter: Cahya, Sintia, Devi

Redaktur: Hilman Yusra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here