Mahasiswa PBSI Pelajari Bahasa Suku Duano di Tanjabtim

0
2502
Mahasiswa dengan didampingi dosen sedang mempelajari bahasa yang diucapkan salah satu informan.

Tanjung Jabung Timur- Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (Unja) melaksanakan penelitian bahasa suku Duano, Kampung Laut, Desa Tanjung Solok, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (tanjabtim), Sabtu 13 Mei 2017.

Penelitian itu dilaksanakan oleh mahasiswa semester dua yang mengontrak mata kuliah Fonologi. Dengan didampingi oleh tim dosen mata kuliah Fonologi, mahasiswa terbagi menjadi delapan kelompok.

Drs Eddy Pahar Harahap MPd, salah satu tim dosen mengatakan, tujuan penelitian yang dilaksanakan mahasiswa dapat memiliki pengalaman penelitian kebahasaan secara langsung.

“Tujuan praktik penelitian lapangan agar mahasiswa memeliki pengalaman penelitian bunyi bahasa atau dialek,” katanya, (13/5).

Eddy Pahar juga menjelaskan, dipilihnya suku Duano, karena generasi penerus mulai enggan menggunakan bahasa Duano, karena itu perlu direkam dan dipelajari oleh mahasiswa.

“Beberapa informan mengatakan kepada mahasiswa, mereka suku Duano sudah banyak bertutur sesama mereka memakai kosa kata suku Melayu, ini artinya akan hilang kosakata suku Duano,” jelasnya.

Reporter: Priyanto

Redaktur: Hilman Yusra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here