Tingkatkan Tata Kelola Jurnal Ilmiah, Prodi Magister Kenotariatan Gelar Pelatihan

0
72
Peserta antusias mengikuti pelatihan manejemen jurnal ilmiah bersama Dr. Tedjo Sukmono, M.Si.

Kota Jambi- Pentingnya publikasi jurnal ilmiah nasional maupun internasional yang ada di Perguruan Tinggi untuk mempublikasikan hasil penelitian akademisi dan profesi diperlukan pengelolaan jurnal ilmiah secara baik oleh para pengelola jurnal. Hal inilah yang mendorong Program Studi Magister Kenotariatan pascasarjana Universitas Jambi (Unja) untuk menggelar pelatihan manajemen jurnal ilmiah, Selasa (5/9).

Pelatihan yang diselenggarakan di ruang seminar pascasarjana kampus Unja Telanai tersebut dihadiri 30 pegiat jurnal Unja dan menghadirkan pembicara Dr. Tedjo Sukmono, M.Si, ketua redaksi jurnal Biospecies Pendidikan Bilologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unja.

Prof. Dr. Elita Rahmi, S.H, M.H, ketua Prodi Magister Kenotariatan manjelaskan, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan jurnal ilmiah yang ada di berbagai Prodi di lingkungan Unja. Dengan pengelolaan yang tepat jurnal tersebut bisa mewadahi hasil penelitian dosen, praktisi, dan mahasiswa untuk publikasi ilmiah.

“Kita berharap jurnal yang ada di Prodi Unja ini bisa berskala internasioanal, maka perlu mengembangkan SDM dalam pembuatan dan pengelolaan jurnal. Sehingga, jurnal yang ada bisa membantu mewadahi dosen, praktisi, dan mahasiswa untuk mempublikasikan tulisannya,” jelasnya.

Masih kata Prof. Elita, pelatihan tersebut juga sebagai penguatan jurnal Recital di Prodi yang dipimpinnya sebagai wadah publikasi dan rujukan penulis jurnal tentang hukum kenotariatan.

“Recital menjadi wadah bagi para pengajar Prodi ini juga para notaris, dan para PPAT. Dengan wadah ini hubungan Podi dan profesi semakin bagus. Kita juga akan melatih mahasiswa dalam menulis jurnal,” imbuhnya.

Sejalan dengan Prof Erlita, Dr. Tedjo Sukmono mengatakan, pelatihan tersebut untuk memberikan kemampuan kepada pengelola jurnal agar menjalankan jurnal elektronik dengan menggunakan Open Journal System (OJS) yang telah disediakan oleh Lembaga Pusat Teknologi, Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Unja.

“Kita punya wadah pegiat jurnal, punya capaian sampai terakreditasi Arjuna Dikti dan internasional. Kita juga menagarahkan ke indeksasi,” katanya.

Adapun materi pelatihan yang disampaikan oleh Dr. Tedjo Sukmono seperti setup jurnal online, editorial penerimaan naskah, pengelolaan naskah, penerbitan jurnal, submission artikel hingga review artikel. Selain itu, materi pelatihan juga dilengkapi pembahasan tentang kebijakan akreditasi jurnal online, dan indexing jurnal online.

Reporter: Priyanto

Redaktur: Hilman Yusra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here