Mahasiswa Jurnalistik PBSI Belajar di Redaksi Jambi Ekspres

0
220
Mahasiswa menimak materi jurnalistik yang disampaikan oleh Pimred JE Pirma Satria.

Kota Jambi- 32 Mahasiswa Kekhususan Jurnalistik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (Unja) mengadakan kunjungan belajar jurnalistik di kantor redaksi Jambi Ekspres, Minggu (11/9).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari perkuliahan mata kuliah Menulis Berita mahasiswa semester tiga.

Drs. Eddy Pahar Harahap,  M.Pd, selaku dosen mata kuliah menuturkan, belajar jurnalistik di kantor JE bertujuan untuk memberikan pengalaman jurnalistik, proses mencari dan menulis berita, proses editing, penerbitan berita,  serta sampai pencetakan berita koran.

“Kita ingin mahasiswa tahu proses pengelolaan berita sampai penerbitan pada mahasiswa. Selain itu juga mahasiswa paham dengan kerja wartawan lewat diskusi jurnalistik langsung dengan Pimred JE,” tuturnya.

Mahasiswa melihat proses editing berita didampingi Pimred JE (kanan).

Terpisah, Pemimpin Redaksi JE Pirma Satria menyambut baik kegiatan tersebut, dikatakannya, dengan diskusi jurnalistik di kantor JE mahasiswa bisa mempraktikkan langsung materi yang didapat dan memahami proses kerja jurnalistik.

“Saya sangat senang,  lebih bagus kita belajar materi kemudian praktik langsung. Kami siap berbagi ilmu jika mahasiswa kesini lagi,” katanya seusai diskusi.

Melihat proses [encetakan koran.

Sementara itu, Yustika Diani salah satu mahasiswa mengungkapkan, selama diskusi dan belajar di JE dirinya bisa mengetahui kerjasama tim redaksi dalam merencanakan, membuat, dan menerbitkan berita.

“Kita dapat pengalaman dan ilmu baru, apalagi kerjasama tim wartawan dari rapat redaksi, peliputan, sampai pencetakan berita koran. Semoga kami bisa menerapkannya di kampus,” ungkap Yustika.

Reporter: Dewi Yunita, Siti Enik

Redaktur: Rian Herdiana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here