Mahasiswa PPKn Perlu Siapkan Diri Untuk Hadapi Tantangan Globalisasi

0
830
Prof. Dr. Kama Abdul Hakam, M.Pd, dosen Universitas Pendidikan Indonesia saat memberikan materi pada kuliah umum yang diselengarakan Prodi PPKn FKIP Unja.

Muaro Jambi- Prof. Dr. Kama Abdul Hakam, M.Pd, menilai mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) perlu menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan moral dan nilai diera globalisasi.

Menurutnya, tantangan pendidikan nilai dan moral diera globalisasi harus dihadapi dengan memperkuat nilai dan moral pada diri mahasiswa terlebih dulu.

“Ia (mahsiswa calon guru PPKn) harus melatih diri menjadi orang yang lebih baik dengan memperbaiki moral perilaku dan moral judgement nya (moral pertimbangan) juga harus diperbaiki,” kata dosen PPKn Universitas Pendidikan Indonesia ini kepada Genta FKIP Unja seusai menjadi pemateri dalam seminar nasional yang diadakan oleh Prodi PPKn FKIP Universitas Jambi di ruang Aula Rektorat lantai III, Senin (30/10).

Masih kata Prof. Kama, mahasiswa juga perlu meningkatkan kematangan moral dan kesadaran untuk memutuskan tindakan ketika menjadi guru atau ketika berada di tengah masyarakat.

“Kesadaran moral atau kematangan moral perlu, sebab banyak anak melakukan tindakan yang keliru karena salah tangkap dan salah persepsi,” timpalnya.

Dilanjutkannya, setelah berbagai moral tersebut dipahami, maahsiswa sebagai calon guru PPKn perlu juga melatih moral behavior atau tingkah lakunya sehingga bisa menjadi teladan bagi siswanya.

“Jadi bukan hanya pengetahuan, tetapi juga sikap dan perilakunya bermoral dalam nalar dan hatinya sehingga bisa menyentuh hati siswanya nanti,” tutupnya

Reporter: Wicha Alvionita, Reski Emilia

Redaktur: Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here