Pertahankan Pendidikan Moral dan Nilai Bangsa Melalui PPKn

0
1791
Foto bersama Dekan FKIP Unja (emapt dari kanan), Prof. Dr. Kama Abdul Hamka, M.Pd, (emapt dari kiri) bersama ketua Prodi dan dosen PPKn FKIP Unja.

Muaro Jambi- Peranan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) diharapkan mampu menjawab tantangan moral dan nilai diera globalisasi untuk memperkuat identitas dan jati diri bangsa.

Melalui kuliah umum yang diadakan oleh Prodi PPKn FKIP Universitas Jambi (Unja) dengan tema Tantangan Pendidikan  Moral dan Nilai Diera Globalisasi ketua Prodi PPKn FKIP Unja Drs. Irzal, Anderson, M.Si mengatakan, moral dan nilai bangsa Indonesia hendaknya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Seperti kita tahu generasi muda sekarang itu nilai-nilai local wisdom nya (kearifan lokal) kita sudah hampir tergerus oleh nilai-nilai globalisasi. Saya berharap generasi muda terutama mahasiswa semakin menyadari bahwa nilai-nilai kita itu lebih penting daripada nilai-nilai yang datang dari luar. Kita bisa menyerap nilai-nilai positif yang datang dari luar dan yang berdampak negatifnya kita hindari,” katanya seusai kuliah umum di ruang Aaula Rektorat lantai III, Senin (30/10).

Mahasiswa menyimak materi yang disajikan oleh Prof. Dr Kama.

Ditemui  terpisah, Prof. Dr. rer. Nat. Asrial, M.Si, Dekan FKIP mengharapkan, dengan nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki, mahasiswa bisa menjadi pelopor di sekolah maupun di tengah masyarakat.

“Saya inginnya mahasiswa bisa menjadi pelopor untuk menemukan nilai-nilai yang bagus, sehinga besok mahasiswa PPKn bukan berteori di dalam kelas tetapi mengembangkan nilai-nilai praktik dilapangan,” kata Dekan.

Kuliah Umum yang mendatangkan Prof. Dr. Kama Abdul Hakam, M.Pd, yang merupakan dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) diapresiasi oleh Dekan. Menurut Dekan tema dan nara sumber yang di hadirkan oleh Prodi PPKn sesuai dengan perkembangan pendidikan moral dan nilai saat ini.

“Tanggapan saya selaku pimpinan tentu sangat positif, ketua Prodi PPKn berhasil mendatangkan Pak Kama ke Jambi sebagai narasumber,” pungkasnya.

Reporter: Wicha Alvionita, Reski Emilia

Redaktur: Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here