Budayakan Literasi, Mahasiswa Bisa Coba KKN Literasi

0
2222
Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., (dua dari kiri) saat memberikan materi Membudayakan Literasi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Bahasa di Seminar Nasional yang diadakan oleh Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana Universitas Jambi, Sabtu (11/11).

Kota Jambi – Banyak cara yang dapat dilakukan mahasiswa dalam membudayakan literasi, salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan cara Kuliah Kerja Nyata (KKN) literasi.

Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., Dekan fakultas Bahasa, dan Seni Universitas Surabaya (UNESA) mengatakan KKN literasi dapat dilakukan dengan kerja sama perguruan tinggi dengan Pemerintah Kota, Kabupaten, Provinsi, khususnya dengan dinas pendidikan.

“Ini baru dilaksanakan tahun ini, dalam tahap percobaan” katanya, Sabtu (11/11).

Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., berpandangan dengan adanya KkN Literasi tersebut dapat menumbuhkan mahasiswa menjadi semakin inovatif dan kreatif.

” mahasiswa jadi semakin inovatif dan kreatif” ujarnya.

Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd (empat dari kiri) berfoto bersama dosen pascasarjana Universitas Jambi

Masih kata Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., KKN literasi dapat dilakukan dengan membuat perencanaan, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program inovasi literasi yang akan dikembangkan mahasiswa di sekolah-sekolah. Semua program yang dapat mengaktifkan keterampilan berbahasa.

“keterapilam berbahasa seperti membuat membuat pojok atau sudut baca, lomba-lomba menulis puisi/cerpen/laporan, lomba mading, membaca, berpidato” pungkasnya.

Reporter : Mefliza Afriani

Redaktur : Rian Herdiana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here