KISAH INSPIRASI PEMUDA MENGAJAR TANPA GAJI

0
901
Oktal Uska Putra sedang mengajar anak-anak di taman bacaan masyarakat Asoka 2.

Kota Jambi – Pengajar muda menjadi salah satu kunci utama di sekolah swadaya masyarakat seperti Asoka 2. Keberadaan pengajar muda sangat membantu pendiri sekolah yang tidak memungut biaya kepada peserta didiknya. Salah satunya adalah Oktal Uska putra, mahasiswaProgram Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unja yang menjadi pengajar di Asoka 2 yang beralamat di Jl. Sumatera, Lorong Mendah RT 11 Kelurahan Kebun Handil-Jambi.

Ditemui di Taman Bacaan Asoka 2, pria yang akrab disapa Oktal ini mengatakan tentang keprihatinan Chairul selaku Ketua RT sekaligus pendiri Taman Bacaan Asoka 2, yang mengajaknya untuk menjadi pengajar di Taman Bacaan tersebut.

“Ketua RT yang sadar terhadap anak–anak di RT 11 yang tidak ada  kegiatan sehabis pulang sekolah, mengajak saya untuk menjadi pengajar pertama di Taman Bacaan Asoka 2,”katanya kepada wartawan Genta ketika beristirahat setelah mengajar.

Sebagai pengajar muda, Oktal tidak mempermasalahkan upah yang ia dapat dari mengajar. Berbekal ilmu yang didapatkannya di bangku perkuliahan sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Oktal  berusaha membagikan ilmu yang ia dapatkan kepada orang lain .

“Sekarang ini saya tidak memikirkan upah yang penting saya bisa berbagi ilmu dengan orang lain,” katanya sembari tersenyum.

Oktal menambahkan bahwa, untuk menjadi pengajar muda harus pandai membagi waktu antara kuliah dan mengajar karena saat ini banyak mahasiswa yang belum memanfaatkan waktunya dengan baik.

“Sebagai pengajar muda saya harus bisa membagi waktu antara kuliah dan mengajar,” tambahnya.

Oktal, juga berharap kepada mahasiswa lainnya untuk dapat mencari kegiatan diluar jam kuliah dengan hal – hal yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

“Harapan saya kepada mahasiswa lainnya agar dapat mencari kegiatan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain,” tutupnya.

Reporter         : Muhammad Sahrozi, ibnu Sina

Redaktur        : Rian Herdiana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here