825 Mahasiswa FKIP Ikuti Pembekalan PLP

0
817
Peresmian Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) FKIP Unja oleh Wakil Dekan I Drs. H. Syahrial, M.Ed., Ph.D (tengah) dan Ketua PLP Drs. Haryanto, M. Kes (ujung kanan). (Rian Herdiana)

Genta FKIP – Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) FKIP Unja Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019 di Kampus Pinang Masak Unja Mendalo, 23-24 Agustus 2018.

Menurut Drs. H. Syahrial, M.Ed., Ph.D selaku Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Kerjasama, dan Sistem Informasi mengatakan, tujuan PLP untuk observasi, seluruh kegiatan akademik, manajemen dan keuangan di sekolah.

“Mereka (mahasiswa) tidak diwajibkan masuk kelas untuk mengajar, kecuali memang guru pamong mereka minta bantu (mengajar), itu kita perbolehkan,” katanya seusai membuka pembekalan PLP di Balairung, Kamis (23/8).

Sesuai dengan namanya, Lanjut WD 1, PLP sebagai wadah untuk memahami hal-hal yang berkaitan di sekolah.

“Mereka harus betul-betul mengerti seluk beluk persekolahan, pelaksanaan unit pendidikan, mulai dari registrasi dan semua kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler,” tambahnya.

Senada dengan itu, Ketua Unit PPL H. Heryanto, M. Kes mengatakan, sejak tahun 2017 silam, Permendikti No 5 memberikan pilihan kuliah lapangan untuk FKIP atau LPTK baik itu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan disesuaikan dengan kebutuhan lapangan.

“Yang dibutuhkan FKIP ini memang persekolahan, oleh karena itu Dirjen Dikti mengeluarkan program PLP dan untuk PPL yang lama dipindah ke Pendidikan Profesi Guru (PPG),” tambahnya.

PLP sekarang nuansanya tidak sama dengan PPL dulu yang full mengajar kata Heryanto, tetapi juga mengandung tiga unsur yakni penelitian, pengabdian, dan pemagangan.

“Nanti tugas akhir mahasiswa sesuai laporannya mencari persoalan yang ada di sekolah. Selanjutnya akan di bahas dalam bentuk makalah dan diselesaikan dengan dosen pembimbingnya di kampus,” pungkasnya.

Reporter : Rian Herdiana

Redaktur : Rian Herdiana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here