EDDY PAHAR : SYARAT MENULIS ARTIKEL YANG BAIK

0
1067
Eddy Pahar Harahab saat Menyampaikan Materi dalam Pelatihan Menulis Artikel

Muaro Jambi – Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd. sampaikan materi tentang menulis artikel, dalam acara pelatihan menulis artikel yang diadakan oleh Genta FKIP Unja, di ruang E6, Sabtu (16/03).

Dalam materinya, Eddy menjelaskan tentang syarat menulis artikel yang baik.

Syarat menulis artikel yang baik menurut Eddy adalah: yang pertama, artikel tersebut mengandung masalah. Kedua, topik yang dimiliki lebih spesifik. Ketiga, gagasan yang dituliskan dalam artikel tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Keempat, penulis harus mampu melihat karakter media yang dituju. Dan yang terakhir, penulis mampu menyertakan solusi permasalahan.

Eddy juga menjelaskan tentang karakteristik artikel. Artikel yang baik, di dalamnya terdapat beberapa karakteristik yaitu aktual, kontroversial, isi di dalamnya sesuai dengan pembaca, populer, dan orisinil.

“Jika mahasiswa mampu menguasai syarat dan karakteristik artikel yang baik, maka mahasiswa mampu membuat artikel yang populer dan menarik,” ungkapnya saat menyampaikan materi.

Pada akhir materi, Eddy memberikan sedikit gambaran mengenai perbedaan antara artikel, esai, dan feature. Yang mana perbedaan antara ketiganya terletak pada segi penulisannya.

Ia menjelaskan , bahwa dalam artikel, segi penulisannya bersifat ilmiah. Sedangkan dalam esai, lebih ringan, dan dalam feature, lebih kepada tulisan berkisah.

“Dalam artikel terdapat pendapat tokoh, sedangkan esai hanya opini penulis, dan feature berisi tulisan berkisah,” pungkasnya.

Reporter : Salsa, Yosia, dan Sonya
Redaktur : Leli Ningsih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here