FKIP UNJA Gelar Workshop Kewirausahan Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur

0
1042

Muaro Jambi – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP) Universitas Jambi menyelenggarakan workshop kewirausahaan bertajuk Membentuk Generasi Milenial Berkarakter Wirausaha Menuju Ekonomi Global, pada hari Senin, 5 Agustus 2019.

Wrokshop yang diadakan di ruang Aula Lembaga Penelitian dan Pengabdian ke pada Masyarakat (LPPM) UNJA tersebut menghadirkan entrepreneur Ir.  Dede Martino, M. P., sebagai narasumber.

Pengalungan cocard sebagai simbolis pada wrokshop.

Drs. Syahrial, M. Ed., Ph. D., selaku Wakil Dekan I FKIP bidang Akademik Kerja Sama dan Sistem Informasi mengatakan, workshop tersebut sebagai salah satu cara untuk membentuk jiwa entrepreneur mahasiswa.

“Dari workshop ini akan menjadikan mahasiswa memiliki jiwa berwirausaha,” katanya.

Untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship mahasiswa diperkuliahan, Drs. Syahrial, M. Ed., Ph. D., menambahkan program studi yang ada di FKIP UNJA telah menambahkan mata kuliah kewirausahaan untuk menumbuhkan keberanian, kreativitas, dan rasa percaya diri mahasiswa.

“Pembentukan jiwa kewirausahaan sudah melalui mata kuliah dan proses pembelajaran kita harapkan tidak hanya berpusat kepada dosen saja,” imbuhnya.

Dr. Rosmiati, S.P.d, M.Pd., selaku ketua pelaksana wrokshop memberikan sambutan.

Lebih dari itu, Dr. Rosmiati, S.P.d, M.Pd., selaku ketua pelaksana wrokshop menuturkan, digelarnya workshop tersebut dapat menjadi bagian dalam menyiapkan mahasiswa berwirausaha. Selain itu juga mendukung visi dan misi Universitas Jambi yakni entrepreneurship.

“Dengan menghadirkan sosok wirausaha yang ahli dibidangnya sehingga akan memantik mahasiswa menjadi wirausaha muda. Selain itu workshop ini sejalan dengan visi dan misi universitas (UNJA),” kata dosen yang juga ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi.

Ir. Dede Martino M.P., menunjukkan karyanya kepada mahasiswa.

Ir. Dede Martino M.P., mengungkapkan, enterpreneurship kurang mendapat ruang di bidang akademik. Menurutnya kewirausahaan penting untuk menambah wawasan ilmu seperti soft skill, hard skill, dan life skill, sehingga mahasiswa mampu untuk membuka peluang pekerjaan sendiri.

“Kewirausahaan sangat penting bukan membahas mengenai ilmu biasa tetapi berbicara membuka peluang pekerja sendiri,” ungkapnya.

Ir. Dede Martino M.P., tanya jawab dengan mahasiswa.

Ir. Dede Martino M.P.,  menambahkan untuk membentuk dan mengembangkan jiwa kewirausahaan dikalangan mahasiswa FKIP yaitu dengan mengadakan pembelajaran mengenai kewirausahaan dikelas dukungan dari Dosen.

“Untuk membentuk jiwa berwirausaha pada mahasiswa FKIP harus memasukan pembelajaran wirausaha kedalam kurikulum dengan dukungan dari dosen,” imbuhnya.

Penulis: Alwandi

Editor: Fitria

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here