MAHASISWA MIRAS

0
349

MAHASISWA MIRAS

Nafri Dwi Boy

 

 

      Ada yang berlarian menuju kampus dengan semangat berkobar dalam jiwa-raga. Mahasiswa yang menganggap kampus sebagai dunia berpetualang menyenangkan. Menganggap dirinya sebagai aktivis, sehingga dimabuk angan-angan tinggi. Beruntung baginya bila ingin bertindak, sebab hidup adalah tindakan bukan kedudukan, hidup adalah perjalanan bukan penantian, hidup adalah pencapaian bukan pemberian.

      Sering mahasiswa miras menenteng pelantang lalu berteriak “Hidup Mahasiswa!” tapi beberapa saat kemudian pergi ke ranjang dan tidur. Bersorak semangat atas nama kebebasan, kesuksesan, atau kemerdekaan hidup. Mencanangkan mimpi setinggi langit, tapi semua semu. Semangat berapi-api hanya tahan beberapa jam. Tidak koherensi dengan mimpi yang dicanangkan.

      Mahasiswa miras harus dicekoki dulu untuk membangkitkan semangat. Hidupnya hanya tentang mengekor bukan jadi pelopor. Bila miras yang ada dalam dirinya habis, mereka ditemukan tertidur pulas di atas ranjang. Bermimpi indah atas nama kesuksesan yang diinginkan. Kenikmatan semu, puas beberapa saat.

      Ketika diajak bertindak kreatif, mereka menyombongkan diri lebih inovatif. Saat produk bermunculan, rasa iri membelenggu hati. Mereka akan tewas dalam kerumunan hati dibesit jutaan pisau. Mahasiswa miras sempoyongan, bergumam sendiri kepada khalayak. Kemudian mengajak teman-temannya mencibir sampai puas.

      Haruskah mahasiswa miras bermunculan di zaman modern? Salah satu faktor menjamurnya dikarenakan tidak mampu memanfaatkan perkembangan zaman. Gagal menciptakan jati diri, identitas, serta pribadi yang berguna bagi masyarakat. Mahasiswa miras hanya mau bertindak bila dicekoki asupan motivasi, setelah itu tertidur pulas di atas ranjang.

      Mereka berlarian ke kampus hanya untuk mencari eksistensi. Sampai lupa hakikat kampus berupa pembelajaran, penelitian dan pengabdian. Mahasiswa miras lebih senang berputar pada pemberitaan. Kemudian ketika dosen bertanya tentang kemampuan, mereka menggeleng kepala. Mahasiswa miras tidak mengerti hakikat hidup, mereka hanya menjadi pengekor bukan pelopor. Apakah anda salah satu yang disebut mahasiswa miras?

 2019

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here