Teliti Model Pengembangan Penilaian Kompetensi Guru, Tim Peneliti LPPM UNJA Adakan FGD

0
216
Dr. Drs. H. Eko Kuntarto, M.Pd., menyampaikan materi FGD.

Kota Jambi – Tim peneliti Universitas Jambi mengadakan Forum Group Discussion (FGD) nasional Pengembangan Model Penilaian Kompetensi Guru. FGD ini merupakan bagian dari penelitian yang diraih oleh tim peneliti Lembaga Penelitian dan Pengabdian ke pada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi yang bekerjasama dengan Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam riset kompetisi tahun 2019 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

FGD diadakan selama dua hari pada tanggal 30 sampai 31 Agustus di hotel Oduo Weston Jambi. Dalam FGD tersebut tim peneliti mendatangkan narasumber ahli dari beberapa perguruan tinggi negeri.

Tim peneliti tersebut diketuai oleh Dr. Drs. H. Eko Kuntarto, M.Pd., dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Jambi, dengan anggota yaitu Dr. Agus Trianto, M.Pd., dari Universitas Bengkulu, Drs. Maryono, M.Pd., dari Universitas Jambi, Wahyu Nurhayati, Ph.D., dari Puspendik Kemendikbud, dan Heni Handayani, M.Pd., dari Puspendik Kemendikbud.

Dr. Drs. H. Eko Kuntarto, M.Pd., mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menguatkan pelaksanaan dan hasil-hasil penelitian model peneliaian kompetensi guru yang diadakan dan dibiayai oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2019.

Pelaksanaan FGD antara tim peneliti, narasumber ahli, dan peserta.

“FGD ini merupakan bagian skim penelitian nasional. Alhamdulillah Unja mendapatkan penelitian nasional, dan FGD ini bagian dari kegiatan validasai hasil penelitian. Prosesnya cukup panjang, karena penelitian kompetisi ini diikuti oleh 124 perguruan tinggi negeri se-Indonesia, dari 124 ada 11 perguruan tinggi negeri yang dinyatakan menjadi pemenang salah satunya Unja,” katanya kepada Genta FKIP, Sabtu (31/8/2019).

Dilanjutkannya, FGD tersebut melibatkan ahli bidang pendidikan, penilaian, dan pembelajaran dari beberapa perguruan tinggi serta praktisi seperti guru, kepala sekolah, pengawas, dan stakeholder yaitu dinas pendidikan, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Jambi, Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Peserta terlibat dalam sebuah diskusi yang intensif dan terfokus berkaitan dengan aspek-aspek teroi, praktik, dan wawasan Penilaian Kompetensi Guru (PKG) di Indonesia.

“FGD dihadiri oleh 40 orang guru untuk 3 bidang studi bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan matematika. Hasil dari sini akan digunakan untuk basis revisi PKG, dan pada tanggal 15 september 2019 akan digunakan untuk 10 provinsi. Diharapkan hasil akan digunakan oleh nasional. Pemerintah melalui Kemendikbud berupaya untuk membuat mekanisme baru pengukuran kompetensi guru,” tambahnya.

Salah satu narasumber ahli yaitu Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd., dari Universitas Bengkulu mengatakan, melalui FGD tersebut diharapkan terkumpul berbagai luaran berkaitan dengan aspek teoritis dan praktik penelitian di antaranya adalah konsepsi tentang PKG, dimensi-dimensi PKG, serta solusi atas beberapa masalah yang ditemukan dalam penelitian..

“Saya pikir ini sebuah langkah maju untuk menyempurnakan instrument yang telah ada. PKG yang dikembangkan Dr. Eko dan tim peneliti ini kearah pengembangan kompetensi guru dimasa depan. Menurut saya ini merupakan format baru dalam penilaian kompetesi guru, mudah2han ini menjadi realitas kedepannya,” katanya.

Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd., berharap hasil FGD penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai unsur pengujian dan perbaikan atas draf model dan draf instrument, sehingga menjadi model dan instrument baku untuk PKG yang baru.

“Saya berharap ini bisa dijadikan masukan oleh pembuat kebijakan untuk menjadi acuan dasar untuk peniliaian kinerja guru sekaligus pengembangan keprofesian guru di masa yang akan datang,” harapnya.

Penulis: Agung Rimba Kurniawan

Editor: Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here