Tim Dosen Matematika Latih Guru Buat Media Pembelajaran Virtual Reality Menggunakan Software Yenka

0
791

Muaro Jambi – Pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0 salah satunya adalah kemampuan literasi digital pada pembelajaran matematika. Pengkajian mengenai literasi digital perlu dilaksanakan pada pembelajaran matematika di kelas. Menyikapi pentingnya kemampuan literasi digital pada pembelajaran matematika Program Studi pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi melaksanakan pengabdian kepada masyarakat kepada guru Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika di Muaro Jambi dan Kota Jambi.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Pembuatan Media Pembelajaran Virtual Reality Menggunakan Software Yenka’ tersebut dilakasanakan pada tanggal 31 Juli dampai 2 Agustus di MGMP Matematika SMP Rayon 1 Muato Jambi dan pada tanggal 9 sampai 11 Agustus di MGMP Matematika SMP Rayon 1 Kota Jambi. Tim pengadian matematika dilaksanakan oleh Dra.Sofnidar, M.Si dan Khairul Anwar, S.Pd, M.Pd.

Dra. Sofnidar, M.Si., selaku ketua tim pengabdian mengatakan bahwa kegitan ini merupakan wujud komitmen dan partisipasi dari civitas akademika Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNJA dalam melaksanakan tridarma perguruan tingggi.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen dan partisipasi dari civitas akademika Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi,” katanya.

Guru mempraktikkan pembuatan media pembelajaran.

Lebih lanjut Dra. Sofnidar, M.Si., menjelaskan kemampuan literasi digital matematika penting bagi siswa, maka dengan menggunakan software Yenka siswa akan mudah memamahami materi. Bagi guru software Yenka akan mempermudah dalam membuat model dan simulasi materi.

“Media Yenka merupakan perangkat lunak pendidikan yang memungkinkan siswa mensimulasikan eksperimen, membuat model matematika, dan belajar pemrograman komputer. Dalam pembelajaran matemaitka ini Yenka dapat digunakan guru dalam menyampaiakn visulisasi objek matematika maupaun pembelajaran matematika yang memperlukan modeling dan simulasi,” jelasnya.

Salah satu simulasi pada materi pembeljaaran matematika dengan software Yenka.

Dini Andriani, S.Pd., salah satu guru SMP N 7 Muaro Jambi mengungkapkan bahwa adanya pelatihan pembuatan media pembelajaran matematika ini menambah kreativitas dan wawasan dalam pemanfaatan media pembelajaran. Penggunaan software Yenka yang cukup mudah dioperasikan dan menarik minat belajar siswa melalui  model atau simulasi yang dibuat sesuai materi pelajaran.

“Software yang mudah digunakan sehingga  mempermudah guru dalam berkreativitas dalam membuat media pembelajaran. Media seperti ini tentu menarik minat siswa untuk aktif belajar,” ungkapnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut didanai oleh Universitas Jambi.

Penulis: Khairul Anwar

Editor: Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here