Foto bersama tim dosen Pendidikan Matematika FKIP Unja bersama guru Matemtaika MGMP Tungkal.

Tanjung Jabung Barat – Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi (Unja) menggelar pelatihan bagi guru matematika SMA di kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar). pelatihan peningkatan pedagogical content knowledge bagi guru matematika dalam merancang soal ujian tersebut dilaksanakan di SMAN 2 Tungkal pada tanggal  27 Juli 2019.

Tim dosen yang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat tersebut yaitu Dr. Nizlel Huda, M.Kes., Dra. Dewi Iriani, M. Pd., Dr. Mujahidawati, M.Si., Drs. Husni Sabil M.Pd., dan Drs. Zaimi Effendi, M.Pd.,

Dr. Nizlel Huda, M.Kes., saat memberikan materi pelatihan.

Dr. Nizlel Huda, M.KES., tujuan pelatihan tersebut untuk menguatkan guru dalam memiliki pedagogical content knowledge. Menurutnya, tujuan penilaian pembelajaran sangat erat kaitannya dengan aspek kognitif. Oleh karena itu, dalam merancang soal guru perlu memperhatikan  aspek kognitif siswa.

“Aspek kognitif yang harus dimiliki oleh siswa adalah pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), aplikasi (application), analisis (analysis), sintesis (synthesis) dan evaluasi (evaluation). Selanjutnya taksonomi Bloom direvisi oleh Kratwohl dan Anderson menjadi :  mengingat (remember), (2) memahami (understand), (3) mengaplikasikan (apply), (4) menganalisis (analyze), (5) mengevaluasi (evaluate), dan (6) mencipta (create),” katanya.

Masih kata DR. Nizlel Huda, M.KES., sesuai dengan Kurikulum 2013 siswa SMA diharapkan dapat mencapai keenam aspek kognitif. Untuk mengetahui keenam aspek kognitif telah dicapai siswa, guru matematika perlu merancang soal ujian.

“Soal ujian yang dirancang membutuhkan Pedagogical Content Knowledge. Pedagogical Content Knowlegde terdiri dari Content Knowledge dan  Pedagogical Konowledge. Content Knowledge meliputi pengetahuan konsep, teori, ide, kerangka berpikir, metode pembukti dan bukti, sedangkan Pedagogical Konowledge berkaitan dengan cara dan proses mengajar yang meliputi pengetahuan tentang manajemen kelas, perencanaan pembelajaran siswa, penugasan, dan evaluasi hasil belajar,” jelasnya.

Guru memperhatikan materi yang disampaikan oleh tim dosen matematika FKIP Unja.

Sementara itu, Silvia Marniati, S.Pd. selaku ketua MGMP Matematika SMA Tungkal mengungkapkan, adanya pelatihan tersebut dapat membantu guru dalam menyusun soal dan menambah pengetahuan yang spesifik dalam merancang strategi pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk mengakomodasi keragaman kemampuan dan minat yang dimiliki oleh setiap siswa.

“Adanya pelatihan ini guru terbantu dalam menyusun soal ujian sesuai dengan aspek kognitif siswa,” katanya.

Pelatihan tersebut merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Universitas Jambi.

Penulis: Ibnu Sina

Editor: Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here