TIM DOSEN PENDIDIKAN MATEMATIKA ADAKAN PELATIHAN MERANCANG BUKU AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING

0
659
Tim dosen Pendidikan Matematika Unja bersama Guru MGMP Matematika di SMA N 2 Tanjabtim

Tanjung Jabung Barat – Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Jambi (Unja), mengadakan Pelatihan Merancang Buku Ajar Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Guru-Guru MGMP Matematika SMA Tanjung Jabung Barat (Tanjabar). Pelatihan ini digelar di SMA N 2 Tanjung Jabung Barat, (27/07).

Tim dosen yang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat tersebut yaitu Dra. Dewi Iriani, M.Pd., Dr. Nizlel Huda, M.Kes, Drs. Husni Sabil, M.Pd., Drs.Gugun M.Simatupang, M.Pd, dan Novferma, S.Pd., M.Pd.

Dr. Nizlel Huda, M.Kes., saat menyampaikan materi pelatihan.

Dr. Nizlel Huda, M. Kes menuturkan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk membantu guru merencanakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, salah satunya adalah pembelajaran berbasis masalah yaitu Problem Based Learning (PBL). PBL merupakan pembelajaran yang menekankan pada penggunaan masalah sebagai sarana bagi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah nyata.

”Adapun tahapan ataupun langkah-langkah dalam mengembangkan kemampuan berpikir siswa dari model Problem Based Learning (PBL) adalah penyajian masalah, perencanaan penyelesaian masalah, penyelidikan masalah, menyajikan masalah, menganalisis dan mengevaluasi,“ tuturnya.

Ia juga menambahkan keberhasilan peserta didik tidak hanya diorientasikan pada hasil, tetapi juga dilihat dari proses pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan Kurikulum 2013 yang mengedepankan keaktifan peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan dan kecakapan yang dimilikinya. Untuk itu, guru dituntut menjadi fasilitator dan motivator agar mampu mengarahkan minat dan bakat peserta didiknya.

“Salah satu persiapan yang dilakukan guru adalah merancang atau merencanakan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Bahan ajar pembelajaran tersebut hendaknya menggunakan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai,” tambahnya.

Sementara itu, Silvia Marniati, S.Pd. selaku ketua MGMP Matematika dan guru Matematika SMA N 2 Tanjung Jabung Barat mengungkapkan bahwa dengan adaya pelatihan tersebut dapat membantu guru dalam merancang bahan ajar berupa buku ajar berbasis PBL yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

“Dengan adanya kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman guru dalam merancang desain buku ajar pelajaran,” pungkasnya.

Reporter: Alwandi
Editor: Andi N. Wulan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here