Oleh: Upik Yelianti, Agus Subagyo, Aprizal Lukman, Muswita, dan Desfaur Natalia

Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi

Workshop Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi melalui Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran  Bagi Guru-guru MGMP di Tanjung  Jabung Barat

Latar Belakang:

Alat peraga pembelajaran Biologi mempunyai peranan yang penting dalam pembelajaran, antara lain: menjelaskan konsep, memantapkan penguasaan materi yang ada hubungannya dengan bahan yang dipelajari, dan mengembangkan keterampilan. Akan tetapi, kenyataan yang ditemui di sekolah-sekolah bahwa banyak sekali sarana dan prasarana di sekolah yang tidak memadai, guru-guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Oleh karena itu diperlukan suatu kegiatan kerjasama antara pihak perguruan tinggi dengan para guru yang tergabung dalam kegiatan MGMP guru-guru biologi SMA untuk membantu dalam melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran melalui kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan judul: “Workshop Peningkatan Pembelajaran Biologi melalui Pembuatan Alat Peraga  untuk Guru-guru MGMP di Tanjung Jabung Barat”.

Waktu dan Tempat:

Kegiatan PPM ini dilaksanakan di SMA N I Tanjung Jabung Barat Kuala Tungkal pada tanggal 30 Juli 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang yang terdiri dari guru-guru mata pelajaran biologi yang tergabung dalam MGMP Guru Biologi SMA se kabupaten Tanjabbar Provinsi Jambi. Di samping itu juga ikut serta guru-guru IPA dengan mata pelajaran biologi yang mengajara di SMP.

 Metode Pelaksanaan:

Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode PRA (Participatory Rural Apraisal), yaitu suatu metode pendidikan dengan melibatkan guru-guru MGMP Biologi sebagai subjek masyarakat khalayak sasaran dan fihak perguruan tinggi sebagai fasilitator. Pada kegiatan PPM ini dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu: survey tentang analisis kebutuhan untuk melihat permasalahan apa yang dihadapi oleh guru-guru dalam pembelajaran biologi di SMA. Dari hasil wawancara dengan beberapa guru mata pelajaran biologi ditemukan bahwa banyak sekolah yang tidak memiliki peralatan laboratorium yang memadai, sehingga guru kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah melalui workshop pembuatan alat peraga pembelajaran biologi.Tahapan selanjutnya dilakukan kegiatan workshop yang diawali dengan pemaparan materi tentang penting pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran biologi, kemudian didemonstrasikan cara mendesain, membuat dan menggunakan alat peraga tersebut dalam pembelajaran serta diakhiri dengan diskusi.

Pelaksanaan Kegiatan:

Kegiatan PPM ini dibagi dalam beberapa tahapan, yaitu:

  1. Penyuluhan: dilakukan dalam rangka memberi pembekalan pada para guru-guru MGMP biologi SMA di Tanjung Jabung Barat sebagai khalayak sasaran agar dapat merancang dan membuat alat peraga pembelajaran biologi seperti alat peraga sistem peredaran darah, sistem eksresi, dan sistem pencernaan sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Kegiatan ini juga diikuti oleh Kepala sekolah Drs. Fatwa Nurhayat, M.Pd
  2. Dokumentasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bagi guru-guru biologi MGMP Kabupaten Tanjung Jabung Barat di sajikan sebagai berikut;

Gambar 1. Foto tim PPM Universitas Jambi bersama Kepala Sekolah SMA N 1 Tanjung Jabung Barat Drs. Fatwa Nurhayat, M.Pd (a) dan peserta pada saat pemaparan materi oleh Tim PPM Unja (b)

Gambar 2. Tim PPM Universitas Jambi memperagakan salah satu contoh alat peraga sistem Urinaria (a) dan Foto bersama antara tim PPM Unja dengan peserta dan Kepala sekolah SMA N I Tanjung Jabung Barat setelah kegiatan.

  1. Pelatihan: dilakukan dengan jalan mendemonstrasikan bagaimana merancang dan membuat alat peraga pembelajaran biologi SMA, seperti alat peraga sistem peredaran darah, sistem eksresi, dan sistem pencernaan. Alat peraga pembelajaran Biologi ini dapat digunakan dalam pembelajaran materi
  2. Evaluasi: monitoring dan evaluasi dilakukan untuk melihat tingkat ketercapaian program PPM. Evaluasi dilakukan untuk melihat apakah program ini dapat memberikan manfaat langsung bagi guru-guru MGMP Biologi SMA di Kabupaten Tanjung Jabung Barat terutama dalam penyediaan media pembelajaran sehingga dapat membantu guru dalam memahamkan konsep-konsep pada anak didiknya.

Guru-guru SMA yang tergabung dalam MGMP Pendidikan Biologi se kabupaten tanjung Jabung Barat sangat antusias mengikuti kegiatan PPM. Melalui kegiatan ini disarankan kepada guru pendidikan biologi agar dapat mendesain dan membuat alat peraga dan menggunakannya dalam pembelajaran biologi sehingga tercipta pembelajaran yang menarik dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Ucapan Terima Kasih:

  1. Rektor Universitas Jambi
  2. Dekan FKIP Universitas Jambi
  3. Ketua LPPM Universitas Jambi
  4. Kepala Sekolah SMA N 1 Tanjung Jabung Barat Jambi
  5. Ketua MGMP Biologi Tanjung Jabung Barat Jambi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here