RAHMA DANI: MAKSIMALKAN PERFORMANCE MENGAJAR MELALUI PELATIHAN MICROTEACHING

0
163
Rahma Dani microteaching melatih mahasiswa menjadi guru terampil

Muaro Jambi – Program Studi Pendidikan Fisika (IMAPEFSI) Universitas Jambi (Unja) adakan pelatihan microteaching. Pelatihan yang bertajuk “Meningkatkan kemampuan real teaching mahasiswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0” ini diikuti kurang lebih 30 peserta yang terdiri dari mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2017-2019 di ruang F7 FKIP, Sabtu (24/11/2019).

Rahma Dani, S.Pd., M.Pd, selaku dosen Prodi Pendidikan Fisika sekaligus pemateri pada pelatihan microteaching, mengatakan microteaching merupakan bagian dari program peningkatan kompetensi mengajar bagi calon guru atau guru dalam memaksimalkan penampilan/performance dalam mengajar.

“Melalui pengajaran mikro (Micro Teaching), keterampilan mengajar yang potensial dapat diorganisasikan dalam satu penampilan yang utuh. Mahasiswa akan lebih siap dan trampil untuk mengantisipasi perilaku mengajar yang sebenarnya di kelas,” katanya.

Rahma menambahkan microteaching dapat bermanfaat bagi calon guru agar terampil dalam melaksanakan PLP, dan mendapatkan pengalaman mengajar yang nyata secara efisiensi dan efektifitas dalam praktek mengajar yang relatif singkat.

“Pelatihan micro teaching, calon pendidik akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, karena telah dilatih secara baik dan dibekali kompetensi, baik secara terpisah maupun terpadu dalam satu kesatuan proses pembelajaran,”tambahnya.

Rahma berharap melalui pelatihan microteaching calon pendidik memperoleh umpan balik berupa pengetahuan terhadap kelebihan dan kekurangan potensi diri untuk diri masing-masing.

“Mahasiswa dapat mempertahakan kelebihan dan memperbaiki serta meningkatkan kekurangan melalui keterampilan dasar pembelajaran yang dikuasai mahasiswa,” pungkas

Reporter: Vetty Milyani
Redaktur: Sonya Trikandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here