JUARAI BANYAK KOMPETISI DEBAT, STRATEGI INI YANG DITERAPKANNYA

0
1335
Joni Iskandar Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi

Muaro Jambi – Kompetisi debat biasanya menjadi suatu ajang yang seru untuk disimak. Bahkan memenangi debat pun akan membawa keuntungan seperti mendapat pujian di segala kalangan, dan menambah jumlah pendukung atau simpatisan.

Termasuk Joni Iskandar Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi, merupakan mahasiswa yang aktif dalam mengikuti kompetisi debat. Berkat mengikuti debat ini telah banyak yang ia raih baik di tingkat Nasional maupun Provinsi. Berkat prestasinya, ia di amanahkan menjadi juri utama kompetisi debat Mahasiswa Indonesia Tingkat Perguruan Tinggi Swasta Se-Provinsi Jambi.

Selain itu, Joni juga pernah mendapat Best Speaker debat Nasional UIN Suska Riau 2019, pedebat terbaik Unja versi KDMI 2018, dan Ajudicator terbaik kompetisi debat Mahasiswa Indonesia Unja 2019

Joni menjelaskan, ia memiliki beberapa strategi untuk memenangkan debat. Berikut, ini dia strateginya : Pertama, Percaya kamu mempunyai kemampuan. Prinsip yang selalu di pegang sebelum bertanding debat, mempunyai kemampuan bahkan diluar sesuatu yang belum terpikirkan percayalah dengan doa dan usaha, sesuatu yang diinginkan pasti akan tercapai. Kedua, Kerja sama dan saling percaya. Antar sesama anggota tim, kerja sama dan saling percaya sangat dibutuhkan. Dengan mempercayai anggota tim akan saling memberikan kontribusi untuk mengisi kekurangan di masing-masing anggota.

“Strategi saya untuk memenangi debat yaitu percaya kamu mempunyai kemampuan dan kerja sama antar tim dan saling percaya,” pungkasnya.

Reporter : Zhakia dan Ketty
Redaktur : Dina Yuliana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here