TANOTO FOUNDATION BERSAMA UNJA GELAR PELATIHAN AKTIF MIKiR

0
153
Pelatihan program pintar Tanoto Foundation di SMP N7 Muaro Jambi

Muaro Jambi – Universitas Jambi bekerja sama dengan Tanoto Foundation mendorong sekolah di Muaro Jambi menerapkan merdeka belajar. Selama tiga hari (27 Feb, 10 dan 13 Maret 2020)

Universitas Jambi mengadakan diseminasi Modul I Program PINTAR Tanoto Foundation di SMPN 7 Muaro Jambi. Diseminasi diikuti oleh 50 guru dari 12 SMP Negeri di Muaro Jambi.

Sekolah yang mengikuti kegiatan diseminasi ini yaitu SMP Negeri 7, SMP Negeri 4, SMP Negeri 5, SMP Negeri 6, SMP Negeri 10, SMP Negeri 11, SMP Negeri 19, SMP Negeri 15, SMP Negeri 30, SMP Negeri 31, SMP Negeri Satap S. Elang, dan SMP Negeri satap Tantan Muaro Jambi.

Selama 3 hari perserta diberikan pelatihan tentang pembelajaran aktif MIKiR, pengembangan pertanyaan produktif, imajinatif, dan terbuka, pengelolaan lingkungan belajar, budaya baca, dan praktik mengajar.

Pengawas SMPN 7 Muaro Jambi Drs. Edy Firdaus dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan, bahwa pembelajaran aktif MIKiR sangat menarik dan sesuai dengan merdeka belajar.

Guru-guru yang mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat menerapkannya di kelas sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melibatkan siswa dalam menemukan konsep.

“pembelajaran ini sesuai merdeka belajar karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembang potensi yang dimilikinya. Tugas guru sebagai fasilitator harus menciptakan pembelajaran yang melibatkan siswa,” katanya.

Guru saat praktik pembelajaran aktif MIKiR

Sofyandi, S.Pd., selaku salah satu peserta pelatihan mengungkapkan, setelah mengikuti pelatihan ini ia mendapatkan inspirasi untuk menerapkan pembelajaran aktif MIKiR.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan ini, siswa lebih termotivasi dengan penyajian pembelajaran yang menarik yang telah dilakukan oleh guru.

“Dengan pelatihan ini, saya mendapatkan pencerahan dan terinspirasi untuk menerapkan pembelajaran dengan cara yang lebih menarik,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here