DIGITAL ENTREPRENEURSHIP: PELUANG SUKSES MAHASISWA MILENIAL 4.0

0
3414
Sumber gambar: https://wirausahaberbakat.blogspot.com/2017/09/peluang-usaha-di-bidang-teknologi-untuk.html?m=1

Ketika kita mendengar era 4.0 pastinya akan terbayang dengan dunia yang serba modern dan penuh kemajuan teknologi dalam segala aspek kehidupan. Terkhusus pada lingkaran kehidupan mahasiswa terkini yang hidup dalam era modern 4.0. Dimana, mahasiswa terdahulu dalam mengerjakan tugas hanya terbatas pada media buku, skripsi, dan disertasi di pustaka, namun kini mereka sudah bisa mengakses berbagai sumber materi pembelajaran hanya dari kamar kost dengan menggunakan gawai mereka. Mahasiswa mana dewasa ini yang tidak memiliki gawai? alat berbentuk persegi panjang serba guna yang bisa digunakan untuk mengambil gambar, merekam audio, membuat video, mencari segala referensi tugas dan lain sebagainya.

Sebagai seorang mahasiswa, terkhusus mahasiswa perantauan yang jauh dari keluarga pastinya banyak di terpa berbagai permasalahan, salah satu diantaranya adalah masalah keuangan. Karena itu, anda sebagai mahasiswa dituntut untuk dapat berpikir lebih kritis dan kreatif, agar segala permasalahan dapat terselesaikan dengan baik, hidup mandiri dan tidak hanya mengandalkan kiriman dari orang tua.

Di kutip dari Okezone, Achmad Zaki, CEO BukaLapak dan selaku pemuda yang sukses menjalankan bisnis digital berpesan kepada generasi muda, khususnya mahasiswa untuk tanggap dalam memanfaatkan kesempatan yang ada. Baginya, masa kuliah merupakan masa emas untuk berkreasi. Mahasiswa bisa bebas berkarya dengan memanfaatkan waktu untuk belajar dan mencoba berbagai macam hal. Setelah itu, jangan ragu untuk mengambil risiko.

Bisnis bagi mahasiswa bukan hanya soal menambah uang saku, namun juga sebagai modal dan pengalaman yang dapat dijadikan pilihan setelah lulus dari dunia perkuliahan. Dengan berbisnis, mahasiswa tidak lagi dipusingkan dengan keuangan sebelum lulus dan tidak akan bingung mencari pekerjaan setelah lulus. Dan di era revolusi industri 4.0, sangat penting membangun karakter bisnis atau entrepreneurship mahasiswa. Agar mereka memiliki kesadaran mengubah budaya kerja ‘mencari kerja’ menjadi budaya ‘menciptakan kerja dan lapangan kerja’. Spirit entrepreneurship harus ada di dalam diri mahasiswa (Dr. Syahril Chaniago, M.P,d., Kompasiana)

Maka dari itu, di dalam jaman yang sudah semakin berkembang ini, sangat banyak peluang sukses bagi mahasiswa, mahasiswa yang aktif dan kreatif dapat dengan mudah menghasilkan uang dengan berbagai cara melalui gawai. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang bagi mahasiswa 4.0.

  1. APLIKASI INSTAGRAM

Apakah anda merupakan anak sosialita yang hobi traveling dan eksis mengupdate instastory di Instagram? Jika iya aplikasi ini dapat anda manfaatkan untuk menghasilkan pundi rupiah, dengan cara membuat video traveling. Kegiatan traveling ini tidak harus dengan harga yang mahal, cukup traveling ke tempat-tempat yang mungkin bisa di jadikan tempat berkumpul atau nongkrong, seperti restoran ataupun cafe,  setelah itu jika banyak pengunjung yang datang ke tempat yang anda rekomendasikan pasti pemilik cafe atau restoran ini akan memberikan anda v atau uang sebagai ucapan terima kasih, sekarang biasa di sebut dengan endorse. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini dapat anda jadikan lahan usaha yang menjanjikan, seperti halnya menjual dan menawarkan produk, menjual hasil potret bahkan anda dapat menjadi terkenal dengan cara mengupload video-video yang unik dan bermanfaat.

  1. APLIKASI YOUTUBE

Aplikasi ini sudah lama dikenal orang bisa menghasilkan rupiah namun karena terbatas dalam hal teknologi jadi hanya sebagian orang saja yang bisa menggunakan aplikasi ini. Di era 4.0 dimana teknologi sudah berkembang anda bisa melakukannya hanya menggunakan gawai anda. Anda cukup membuat akun melalui Gmail dan memasukan  konten atau video seperti makan, jalan-jalan, rekomendasi tempat-tempat nongkrong, ataupun konten seperti game. Nantinya setiap video yang anda upload akan ditonton oleh orang, ketika jumlah viewers / penonton anda sudah cukup banyak maka peluang iklan yang masuk ke video anda akan lebih besar, iklan inilah yang akan membayar anda atau menghasilkan uang untuk anda. Contoh saja seperti youtubers Atta Halilintar, Jessnolimit, Ria Ricis dan masih banyak lagi.

  1. APLIKASI WHATSAPP

Aplikasi ini biasa digunkan untuk menguhubungi atau memberikan informasi, aplikasi ini paling banyak di gunakan oleh mahasiswa selain hemat kuota, aplikasi ini juga gampang digunakan. Sekarang banyak orang menggunakan aplikasi ini untuk lapak dagang dan menghasilkan uang. Mahasiswa juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengahsilkan uang, jangan takut tidak ada modal, anda cukup pergi ke toko buku, baju, makanan yang penting barang itu bisa dikemas dan di antar ke konsumen. Anda cukup ajak pemilik toko itu kerja sama, di sini anda sebagai orang yang akan mempromosikan barang dagangannya pasti pemilik toko mau menerima tawaran dari anda. Untuk hasil anda bisa bicarakan kepada pemilik toko. Kegiatan ini sering disebut OLSHOP ( Online Shop ).

  1. APLIKASI FACEBOOK

Popularitas facebook yang semakin meningkat, tentunya jangan sampai disia-disiakan oleh kita selaku pebisnis digital. Di Indonesia, popularitas facebok mampu bersaing dengan popularitas google. Hal ini memberikan prospek cerah bagi pelaku bisnis digital untuk memasarkan produknya, mencoba peluang bisnis online melalui facebook terbilang cukup mudah dan murah. Oleh karena itu sangat cocok bagi pemula dan mahasiswa yang ingin memulai bisnis digital dengan modal yang sedikit. Dengan facebook kita bisa membuka toko online, mempromosikannya dengan berbagai cara, rajin menulis status yang berisi iklan menarik dan unik, melakukan pemasaran dengan mengupload foto dan video produk anda, membuat fitur album untuk foto dan video produk dan sebagainya.

Aplikasi di atas merupakan opsi yang dapat dimanfaatkan sebagai penghasil uang tambahan bagi mahasiswa, kini semuanya ditangan anda. Di era 4.0 sekarang segalanya sudah menjadi mudah, berbagai teknologi digital sudah dapat ditemui dimanapun kita berada. Sekarang tugas anda selaku generasi milenial adalah menangkap berbagai peluang yang ada sesuai dengan basic dan passion diri. Sebab, seseorang akan lebih mudah fokus dan mencapai kesuksesan jika melakukan hal yang disukai atau sesuai dengan passion-nya, kami berharap anda segera dapat menggeluti bidang entrepreneurship pilihan anda dengan sepenuh hati. Salam sukses, hidup milenial 4.0!

Penulis: Fikri Roykhan & Octhama Millendy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here