Alternatif Selama #diRumahAja

0
1434
Sumber gambar httpswww.google.comurlsa=i&url=https%3A%2F%2Fhasagi.id%2Fhalyangbisakamulakukanselamamasaisolasidirumahaja%2F&psig=AOvVaw3hYuHPtmbUNrPJ0VWu8FK&ust=58595427534000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFw

Saat ini, seluruh dunia mengalami dampak dari virus corona atau COVID-19, termasuk Indonesia. Umtuk itu pemerintah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat  melakukan semua kegiatan di rumah dan hanya keluar rumah jika memang diperlukan. Selama terjadinya pandemi virus ini, proses belajar mengajar pun mengalami hambatan dan terpaksa ditunda sebagai upaya perlindungan diri. Pelajar dan mahasiswa diminta untuk belajar di rumah selama 14 hari, begitu pula dengan para pekerja. Mewabahnya virus corona di Indonesia membuat pemerintah menganjurkan social distancing sebagai salah satu upaya pencegahan.

Social distancing merupakan tindakan untuk menjaga jarak dengan orang lain apalagi dalam jumlah banyak atau dalam kerumunan. Menurut Center for Disease Control (CDC), social distancing ini dilakukan dengan  menjauhi segala bentuk perkumpulan, jaga jarak antar manusia, dan menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang. Jarak yang biasanya diterapkan yaitu radius enam kaki atau dua meter.

Akibat kebijakan tersebut, kebanyakan orang mulai kebingungan menentukan aktivitas apa yang bisa dilakukan. Bekerja atau belajar terus di rumah tentu membuat bosan, ditambah tidak bisa bebas untuk keluar rumah tentu saja dapat memicu stres.

Sebenarnya banyak sekali alternatif kegiatan yang bisa dilakukan di rumah sebagai penghilang rasa bosan atau stress akan banyaknya tugas. Simak sejumlah alternatif kegiatan yang dapat kita lakukan :

  1. Membersihkan rumah

Tahukah kalian, dengan melakukan kegiatan bersih-bersih rumah dapat sedikit mengurangi kesuntukan. Apalagi jika dilakukan dengan anggota keluarga yang lengkap di rumah.  Membersihkan rumah pada momen ini juga dapat mencegah penyebaran virus.

  1. Menonton Film

Setelah mengerjakan tugas tidak ada salahnya jika kita menonton film kesukaan. Hal ini dapat menjadi alternatif kegiatan sekaligus penghilang stress.

  1. Olahraga Bersama

Berolahraga adalah hal yang utama dilakukan di saat kondisi seperti ini. Dengan tetap memperhatikan kesehatan kita dapat menjaga imun dan metabolisme tubuh, sehingga kita tidak mudah tertular virus. Kita bisa melakukan senam, yoga atau olahraga lainnya di rumah.

  1. Bermain Tik Tok

Untuk mengisi waktu luang, aplikasi Tik Tok menjadi salah satu pilihan. Kita bisa mengajak semua keluarga untuk bermain aplikasi ini, selain untuk menghibur diri Tik Tok juga bisa melatih kreativitas penggunannya. Seperti sekarang sedang viralnya tutorial memasak ala Tik Tok sebagai wadah kreativitas.

Itulah beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan di rumah saat pandemi Covid-19 ini. #diRumahAja dan tetap semangat.

 

Penulis: Khofifah I Hafsah dan Salsadilla Hasibuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here