Entrepreneurship kekinian dikalangan mahasiswa

0
1268

Seiring berkembangnya zaman maka semakin berkembang pula berbagai macam usaha. Berwirausaha pada umumnya dikenal dengan orang-orang yang sudah bekerja, namun jangan salah, sekarang ini wirausaha dapat dilakukan oleh kalangan mana saja termasuk mahasiswa. Sebagian orang beranggapan bahwa menjalalankan bisnis di kalangan mahasiswa tidak bisa dilakukan, namun siapa sangka di zaman sekarang ini justru  mahasiswa merupakan kalangan yang cocok untuk memulai berwirausaha, apalagi dalam usaha kekinian.

Usaha kekinian dianggap cocok dikalangan mahasiswa sebab sesuai dengan tren anak muda sekarang, dan mahasiswa paham betul apa kebutuhan yang di inginkan pada anak muda dizaman sekarang. Selain itu usaha dikalangan mahasiswa ini sangat cocok bagi anda yang jauh dari perantauan untuk menambah uang bulanan ataupun uang jajan, ditambah dengan semangat yang dimiliki mahasiswa tentu saja lebih besar dalam berwirausaha dibandingkan dengan para pekerja yang sudah berumur.

Seperti yang kita tahu bahwa kantong mahasiswa pastinya hanya berkecukupan untuk makan sehari-hari, belum lagi untuk biaya kuliah seperti buku dan lainnya. Hal inilah yang menyebabkan mahasiswa kebingungan dalam memulai wirausaha yaitu modal. Inilah keuntungan dari kemajuan zaman, mahasiswa dapat memulai wirausaha walaupun dengan modal yang kecil melalui usaha kekinian. Penting untuk diketahui bahwa memulai usaha, termasuk usaha kekinian tidak perlu modal usaha besar, hal yang perlu kamu lakukan sebelum memulai usaha kekinian adalah cara memulainya, pengetahuan yang cukup, usaha dan kerja keras dalam menjalankan bisnis kekinian. Salah satu hal yang membuat usaha dianggap  kekinian adalah dengan cara promosi nya . kaum millennial sekarang tidak lepas dari yang nama nya gadget bukan?  Maka dari itu sebagian besar usaha-usaha mahasiswa sekarang memanfaatkan media promosi di social media sebagai wadah usaha mereka selain mudah diakses mereka juga mengikuti zaman sekarang .

Salah satu contoh mahasiswa yang sudah merasakan nikmat nya berwirausaha adalah Mefliza Afriani . Usaha buket bunga yang ia miliki terbilang laris dan menguntungkan , terhitung dari sekarang ia sudah memiliki sepuluh reseller yang sudah tersebar di kota Jambi mulai dari anak SMA hingga mahasiswa . Jika kita ingin berwirausaha tentu nya kita perlu memperhatikan pasar dan peluang produk yang akan kita jual , dan usaha tersebut haruslah terus melakukan pembaruan agar tidak ketinggalan zaman. Usaha buket bunga memiliki peluang yang lebar dikalangan mahasiswa , permintaan berdatangan silih berganti terutama pada musim  Graduation/wisuda pemilik usaha buket bisa meraup omset jutaan dalam sebulan. Dalam menjalankan usaha buket tidak selalu berisi bunga , inovasi kekinian pun selalu diterapkan kaum millennial . kini buket yang dulu isi nya hanya bunga sekarang bisa diisi makanan seperti snack,uang kertas, atau bahkan scarf.

Jika berwirausaha tekun dilakukan hasil nya akan menjanjikan, bahkan menjadi pemasukan yang menguntungkan. Memulai berwirausaha diusia muda menjadikan mental seseorang kuat dalam naik turun persaingan usaha di masa yang akan datang , pembaruan dan inovasi dalam setiap produk usaha terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. Itulah sebabnya mahasiswa memiliki peluang besar dalam wirausaha sehingga mahasiswa harus berani untuk  mencoba dan jangan takut untuk gagal.

Penulis  : Cindy dan Nurani

SHARE
Previous articleAlternatif Selama #diRumahAja
Next articleMULUK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here