Peran Media Elektronik dalam Ranah Pendidikan

0
2185
Sumber Gambar : pendidikanmilenial.blogspot.com

Pada umumnya media adalah alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi dari pengirim kepada penerima pesan. Pengirim pesan dan penerima pesan dapat berupa orang atau lembaga, sedangkan media tersebut dapat berupa alat elektronik maupun nonelektronik, seperti papan tulis, overhead projector, flip chart, video, film strip, LCD-projector, obyek tiga dimensi, buku teks atau modul, program komputer, Dan sebagainya

Dalam ranah pendidikan, media memiliki banyak fungsi selain menyampaikan sebuah pesan atau informasi. Khususnya media elektronik dalam proses kegiatan belajar mengajar. Mengingat perkembangan zaman yang sangat pesat beriringan dengan meningkatnya Ilmu Pengetahuan Teknologi (Iptek). Alangkah baiknya tenaga didik maupun peserta didik memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, dimana teknologi itu sendiri memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Adapun penggunaan media elektronik memiliki peranan penting dalam pembelajaran yaitu :

1.Meningkatkan Kualitas Belajar
Media yang disusun dengan bantuan perangkat elektronik dapat menyampaikan informasi yang dapat didengar (audio) dan dapat dilihat (visual), sehingga proses pembelajaran jauh lebih menarik dan tidak membosankan. Siswa yang hanya mendengarkan pelajaran saja mungkin sudah dapat menerima dan memahami materi pelajarannya dengan baik, tetapi bila pemahaman itu diperkaya dengan kegiatan melihat, mendengar dengan suara, menyentuh dan merasakan, atau mengalami langsung melalui media pembelajaran, pemahaman mereka terhadap isi pelajaran pasti akan lebih baik lagi.

2.Pembelajaran Menjadi Lebih Interaktif
Penyampaian materi dapat diseragamkan, melalui bantuan media, penjelasan yang  beragam ini dapat disampaikan kepada siswa secara seragam . Media yang dirancang dan dipilih dengan tepat, dapat membantu guru dan siswa melakukan komunikasi dua arah secara aktif.

3.Menghemat Waktu
Lama waktu pengajaran yang diperlukan dapat dipersingkat, karena kebanyakan media hanya memerlukan waktu yang lebih sedikit untuk mengantarkan pesan-pesan dan isi pelajaran dalam jumlah banyak dan kemungkinannya lebih dapat diserap oleh siswa;

4.Proses Pembelajaran Fleksibel
Melalui media elektronik proses belajar dapat terjadi di mana saja dan kapan saja mereka mau, tanpa tergantung pada keberadaan seorang guru ataupun bisa secara daring. Di zaman sekarang ini sudah banyak aplikasi-aplikasi yang dapat membantu proses pembelejaran.

5.Pembelajaran Lebih Produktif
Peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif dan produktif. Guru tidak perlu mengulang-ulang penjelasan kepada para siswanya karena mengunakan media. Guru dapat memusatkan perhatian kepada aspek penting lain dalam proses belajar mengajar, misalnya membangkitkan motivasi siswa.

Dalam mewujudkan cita-cita mulia pendidikan diera global ini, guru terutama harus mampu menguasai teknologi komunikasi dan informasi dan menjadikannya menjadi media pembelajaran yang kreatif sebagai sarana utama dalam proses pendidikan dan pengajarannya. Tentu sarana utama itu wajib dilandasi dengan sikap, pengetahuan dan keterampilan. Untuk mewujudkan peserta didik yang cerdas berstandar global baik pengetahuan, sikap dan keterampilannya, maka gurupun selain cerdas juga harus kreatif dalam proses pembelajarannya.

penulis : Fitra Edi Susanto dan Shidiq Islam Dkaro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here