Kreativitas mahasiswa dalam mengeditoring bahan presentasi di era industri 4.0

0
783

Presentasi merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh mahasiswa, salah satu keberhasilan sebuah presentasi dapat ditentukan melalui konten yang dibuat. Konten presentasi ini biasanya berupa slide yang dibuat melalui komputer dengan bantuan software tertentu. Software paling terkenal dalam membantu kegiatan presentasi adalah power point.

Menurut Rayandra Asyhar (2012: 86) Program power point adalah salah satu software yang dirancang khusus untuk menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan, mudah dalam penggunaan dan relative murah, karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk penyimpanan data. Powerpoint biasanya digunakan dalam sebuah presentasi, akan tetapi program ini memiliki fasilitas-fasilitas untuk membuat multimedia pembelajaran interaktif.

Berikut adalah beberapa cara membuat bahan presentasi menarik dan kreatif:

  1. Layout Slide
    Langkah pertama, kamu harus perhatikan layout slide seperti gambar atau teks. Jangan meletakkan gambar atau teks yang tidak sesuai dengan isi pada slide tersebut.
    Buatlah secara merata dan sesuai apa yang ingin kamu sampaikan. Kamu juga harus pastikan bahwa gambar yang dimasukkan saling berhubungan dan ada dalam satu kesatuan. Selain itu, perhatikan juga kontras pada setiap slide yang dihadirkan usahakan terlihat berbeda dan menarik.
  2. Slide
    Slide yang dibuat harus semenarik mungkin dan memberikan pesan penting tiap slide yang akan dihadirkan terutama pada slide pembuka. Pada slide pembuka buatlah seperti cover pada buku atau majalah. Pada pembuatan slide dalam power point yang terpenting adalah kamu harus mengikuti rumus satu ide, satu pesan, dan satu slide. Perhatikan warna dan font yang sesuai untuk tema yang akan disampaikan dan isi pada slide lebih mengingat pokok-pokok pentingnya saja agar presentasi dapat lebih mudah disampaikan.
  3. Visualisasi
    Biasanya sebagian besar orang lebih mudah mengingat gambar dibandingkan dengan tulisan. Maka dari itu, isi yang ditampilkan pada slide sebaiknya menggunakan gambar atau diagram. Hal ini bertujuan untuk para audiens yang melihat slide lebih mudah dipahami. Namun, kamu juga harus tetap memasukkan sedikit teks pada slide, tetapi usahakan membuat dengan visualisasi yang sangat menarik.
  4. Alur Slide
    Dalam hal ini yang harus kamu perhatikan adalah tentang bagaimana kamu membuat slide. Apakah semuanya berkesinambungan atau tidak antara slide yang satu dengan lainnya.
  5. Manfaatkan Situs Pembuat PPT.
    Selain menggunakan desain asli di Power Point, kamu juga bisa memanfaatkan situs pembuat Power Point sebagai salah satu cara membuat PPT yang menarik untuk presentasi.

Dengan berkembangnya kreativitas mahasiswa dalam mengeditoring bahan presentasi, dapat memudahkan dalam kegiatan presentasi itu sendiri. Di era revolusi 4.0 ini berbagai teknologi digital sudah dapat ditemui dimanapun kita berada, maka dari itu pengembangan kreativitas sangat di perlukan.

Penulis: Farah Ayuni Dan Tia Wardani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here