AKSI TABUR BUNGA DI GEDUNG FIB UNJA

0
283
Aksi tabur bunga yang dilakukan oleh mahasiswa FIB, Kamis (25/6).

Melalui keputusan Rektor Universitas Jambi Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. tentang penetapan nama jurusan dan penempatan program studi pada fakultas dan Pascasarjana di lingkungan Universitas Jambi. Ada beberapa fakultas yang dihilangkan dan program studinya dipindahkan ke fakultas lain. Salah satunya Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) yang ditempatkan menjadi bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Kamis (25/06).

Setelah dikeluarkannya keputusan tersebut, sebagian mahasiswa FIB menggelar acara tabur bunga dengan pakaian serba hitam di depan gedung fakultas mereka yang sekarang sudah dihapus dan dialihkan ke FKIP.

Acara ini dilaksanakan sebagai bentuk protes mahasiswa FIB yang tidak setuju terhadap surat dengan keputusan Rektor tentang penetapan prodi, jurusan, dan fakultas di Unja yang sudah berlaku sejak 18 Juni 2020. Aksi Tabur Bunga ini berisi kegiatan orasi, teatrikal, baca puisi, dan tabur bunga.

“Kegiatan hari ini bentuk penolakan kami atas dikeluarkannya SK, karena tak ada mediasi atau diskusi antara birokrasi dengan mahasiswa sebelum dan sesudah dikeluarkannya SK tersebut,” ungkap Dimas Sanjaya selaku ketua Himpunan Mahasiswa (Hima FIB).

Menurut Dimas keputusan ini tidak tepat, karena FKIP itu tidak sesuai dengan jurusan akademik mereka, yang tidak bisa disatukan kedalam rumpun ilmu pendidikan.

“Saya menolak, terkhusus fakultas saya, FKIP itu tidak sesuai dengan marwah akademik kami. Ilmu murni tak bisa disatukan dengan ilmu pendidikan,” terangnya.

Dimas mengungkapkan bahwa harus ada audiensi antara mahasiswa dan pihak birokrasi, karena dalam penetapan SK ini belum ada keterlibatan mahasiswa. Ia juga berharap agar fakultasnya tetap ada.

“Harus ada duduk perkaranya antara mahasiswa dan birokrasi. Harapannya FIB tetap, tak dimerger,” pungkasnya.

Reporter: Andi Nikmah

Editor: Delvia Azizah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here