Muaro Jambi – Dalam rangka membantu sekolah-sekolah mempersiapkan diri untuk melaksanakan merdeka belajar dosen Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat memberikan pelatihan kepada guru SMAN 8 Muaro Jambi dan SMAN 11 Muaro Jambi pada Selasa, 13 Juli 2020

Foto Bersama Prof. Drs. Damris, M., M.Sc. , kepala sekolah dan guru SMAN 8 Muaro Jambi

Pelatihan diberikan kepada guru-guru sebagai ujung tombak pendidikan di sekolah menengah dalam mempersiapkan merdeka belajar pada kondisi dan situasi pandemi Covid-19 saat ini. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan animasi pembelajaran untuk Smart Learning di sekolah. Kegiatan dilaksanakan secara terpisah untuk guru-guru di dua sekolah yaitu SMAN 8 Muaro Jambi dan SMAN 11 Muaro Jambi.

Kepala SMAN 8 Muaro Jambi Drs. H. Ahmad Yani, M.Pdi dan Kepala SMAN 11 Muaro Jambi Paridah S.Pd., M.Pd keduanya memberikan apresiasi yang tinggi dalam pelaksanaan pelatihan ini dan akan sangat bermanfaat dalam membantu merdeka belajar di dekolah.

Pelatihan dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh tim dosen yaitu Prof. Drs. Damris, M., M.Sc., Ph.D Dekan Fakultas Sains dan Teknologi sebagai ketua dan beberapa dosen sebagai anggota yaitu Minarni, S.Pd., M.Si, Nindita Clourisa Amaris Susanto, S.Si., M.Sc dan Ratih Dyah Puspitasari, S.Si., M.Si.

Pada kegiatan tersebut Prof. Drs. Damris, M.,M.Sc., Ph.D menyampaikan, tujuan dari pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan dan memanfaatkan animasi untuk memperkaya pembelajaran yang dilakukan guru dan sekaligus mendukung pelaksanaan program merdeka belajar. Terdapat berbagai macam aplikasi untuk mengembangkan animasi pembelajaran dengan beragam keunggulan. Guru yang memiliki kompetensi mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia dapat memperkaya pembelajaran konvensional yang dilakukan dan berpotensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Pada masa pandemi Covid-19 saat ini social dan physical distancing perlu untuk diterapkan, pembelajaran berbasis multimedia menjadi alternatif pembelajaran yang memiliki kesesuaian yang tinggi. Disamping memberikan materi ajar secara daring guru juga dapat mengembangkan quiz atau evaluasi online interaktif.

Foto guru memperhatikan materi yang disampaikan oleh Prof. Drs. Damris, M., M.Sc.

Guru dengan kompetensi mengembangkan pembelajaran berbasis multimedia dapat memanfaatkan pembelajaran secara daring. Agar sistem pembelajaran daring berlangsung secara efektif, diperlukan kreativitas guru dalam menyajikan materi pembelajaran agar menarik dan mudah dimengerti oleh siswa. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi (program) yang dapat mendukung dalam mempersiapkan materi pembelajaran dan membuat soal-soal untuk siswa. Aplikasi yang dapat mendukung adanya interaksi antara guru dan siswa dan adanya feedback yang baik dari siswa. Aplikasi yang dapat diakses dan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar selain macromedia flash misalnya , zoom, google scholar, edmodo, dan lain sebagainya. Kedua sekolah mengharapkan kegiatan pelatihan seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Foto bersama tim PKM, kepala sekolah dan guru SMA N 11 Muaro Jambi

Penulis: Tim Pengabdian

Redaktur : Alma Tiara

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here