Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi Menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan bertema “Sosialisasi Pembuatan Kompos Sampah Organik Menggunakan Jamur Trichoderma sp.” di SMAN 1 Tanjung Jabung Barat, Rabu, (05/8).

Kegiatan ini diketuai oleh Dra. Harlis, M.Si dengan anggota Dra. Muswita, M.Si, Retni S. Budiarti, S.Pd., M.Si, dan dihadiri oleh para guru dan siswa SMAN 1 Tanjung Jabung Barat. Kegiatan pengabdian ini dibuka langsung oleh kepala sekolah SMAN 1 Tanjung Jabung Barat Kadiman, S.T dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan.

Kadiman, S.T. selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung Jabung Barat menyatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertema tentang kompos ini sangat bagus untuk dilaksanakan, karena bisa menambah pemahaman dan ilmu pengetahuan untuk para siswa di SMAN 1 Tanjung Jabung Barat.

“Kegiatan ini sangat bagus, karena dengan kegiatan ini siswa bisa dapat memanfaatkan sampah organik untuk pembuatan kompos,” ungkap Kadiman

Kompos merupakan sisa-sisa mahkluk hidup yang telah mengalami pelapukan dan mengalami perubahan bentuk seperti tanah dan tidak berbau. Kompos memiliki kandungan hara NPK yang lengkap meskipun persentasenya kecil. Kompos juga memiliki kandungan senyawa-senyawa lain yang baik untuk pertumbuhan tanaman.

Sampah-sampah organik yang digunakan dalam pembuatan kompos antara lain: kulit telur, sisa sayuran, sisa buah-buahan, sisa tulang, nasi dan lain sebagainya. Apabila sampah tersebut tidak dilakukan pengolahan maka, sampah tersebut akan mengeluarkan bau busuk, sarang hama dan juga sarang penyakit. Sehingga perlu dilakukan penanggulangan dengan cara mengolah sampah organik tersebut menjadi kompos dengan bantuan mikroorganisme dari kelompok jamur Trichoderma sp.

 Trichoderma sp. adalah jamur yang terdapat dalam tanah yang dijadikan agen hayati dalam membantu proses pengomposan. Jamur Trichoderma sp. banyak ditemukan disekitar kita antara lain pada serasah daun, akar, batang, dan tanah.

Dengan adanya sosialisasi pengabdian kepada masyarakat melalui sosialisasi pembuatan kompos sampah organik dengan menggunakan mikroba (Trichoderma sp.). Diharapkan siswa SMAN 1 Tanjung Jabung Barat dapat memahami cara pembuatan kompos sampah organik dengan menggunakan mikroba (Trichoderma sp.). Sehingga adanya peningkatan ilmu pengetahuan dan menumbuhkan jiwa cinta akan lingkungan kepada peserta didik.

Penulis: Harlis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here