Dosen PGSD dan Administrasi Pendidikan FKIP Kolaborasi Adakan PPM Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru di SDN 10 Kota Jambi

0
146

        Dalam rangka melaksanakan tugas Tri dharma perguruan tinggi yaitu program pengabdian kepada masyarakat (PPM), Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Jambi yaitu Dr (Cand). Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd dan Alirmasyah, S.Pd., M.Pd., berkolaborasi dengan Dosen Prodi Administrasi Pendidikan Dr (Cand). Robin Pratama, S.Pd., M.Pd mengadakan Workshop Penyusunan Proposal, Pelaksanaan, dan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru di SD Negeri No. 10/IV, (22/08/2020).

Dosen Prodi PGSD yaitu Dr (Cand). Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd (tengah) dan Dosen Prodi Administrasi Pendidikan Dr (Cand). Robin Pratama, S.Pd., M.Pd. (kanan).

        Tujuan dilakukannya PPM adalah agar agar guru-guru Sekolah Dasar tersebut dapat membuat PTK berkualitas secara berkesinambungan sebagai bagian untuk menunjang kenaikan pangkat guru di SD. Dalam sambutannya Kepala Sekolah SD Negeri No. 10/IV Kota Jambi menyatakan bahwa guru-guru di SD tersebut sangat membutuhkan pendampingan dari akademisi tentang penulisan PT karena banyak guru yang berada di Golongan IV/A dan tidak mengajukan kenaikan pangkat karena terkendala salah satunya kemampuan penulisan ilmiah yang cenderung rendah. Kami mengucapkan terima kasih pada tahun ini SD kami dijadikan tempat dan tujuan pelatihan oleh Dosen-dosen Universitas Jambi.

        Bentuk dari pelatihan atau workshop ini yaitu dengan cara melaksanakan workshop pelatihan perancangan dan penerapan model-model pembelajaran pelaksanaan PTK dalam proses pembelajaran, pelatihan pengambilan dan analisis data dalam pelaksanaan PTK, pelatihan cara interpretasi dan penyimpulan hasil pelaksanaan PTK dan menuangkan hasil dalam karya tulis ilmiah, pelatihan cara analisis statistik, serta membuat laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas. Dalam keterangnnya Ketua PPM Yaitu Dr (Cand). Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd menargetkan bahwa dengan PPM ini guru mampu menerapkan model-model pembelajaran di kelas, menganalisis data penelitiannya dengan analisis statistika, menghasilkan PTK yang berkualitas, meningkatnya hasil belajar peserta didik sebagai hasil dari perbaikan proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru melalui PTK. serta meningkatnya pangkat dan golongan guru-guru Sekolah Dasar SDN No. 10/IV Kota Jambi. Luaran yang akan dihasilkan adalah proposal dan laporan PTK yang berkualitas, buku model-model pembelajaran di Sekolah Dasar, sebagai pedoman bagi-guru-guru dalam membuat proposal dan laporan PTK, dan publikasi ilmiah/jurnal kegiatan PPM yang dipublikasikan.

         Dalam keterangannya tim PPM Dr (cand). Robin Pratama, S.Pd., M.Pd menjelaskan bahwa “terkait permasalahan PTK sebagai unsur utama dalam kenaikan pangkat guru di SD ini Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan/penyuluhan, pembimbingan dan pendampingan yang terintegrasi dalam kegiatan workshop penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan pelatihan disusun agar tujuan tercapai efektif meliputi kegiatan analisis kebutuhan yang disusun dari pengabdi dan sekolah, diawali dengan penyampian materi pelatihan PTK oleh tim PPM, yang diselingi tanya jawab, pendampingan pembuatan proposal Penelitian Tindakan Kelas, dan presentasi hasil pembuatan proposal Penelitian Tindakan Kelas oleh peserta pelatihan. Sementara lebih lanjut Dosen FKIP yang sedang menempuh Studi Doktor Kependidikan ini menyatakan bahwa outcomes yang diharapkan dalam kegiatan PPM adalah (1) beberapa guru yang sedang menulis PTK dapat menyelesaikan dan lolos dalam pengajuan PTK di dinas Pendidikan Kota Jambi, (2) guru termotivasi untuk mulai menulis ilmiah dengan bantuan-bantuan tools berbasis internet setelah dilakukan pelatihan ini.

       Di akhir kegiatan ketua PPM yaitu Dr (Cand). Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd menyarankan “agar antusias dan kompetensi guru dalam menulis PTK berjalan lebih efektif Kegiatan ini perlu mempertimbangkan bahwa pemahaman tentang penyusunan s/d pelaporan PTK sangat penting dan bermanfaat besar bagi guru khususnya guru yang sedang mengajukan kenaikan pangkat melalui penulisan karya ilmiah. Selain itu literasi internet dan literasi komputer, kemampuan statistik harus terus dilatih sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas penulisan”. Kegiatan ini idealnya dapat menjangkau seluruh guru-guru dalam satu daerah (Kecamatan) dan dengan focus latih yang baik dan tentunya harus didukung dengan anggaran dan materi yang ideal.

Penulis: Dr (Cand). Robin Pratama, S.Pd., M.Pd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here