Belajar Bahasa, Sastra, dan Budaya di Masa Adaptasi Baru

0
114
Webinar Nasional dengan tema "Penguatan Bahasa, Sastra, dan Budaya di Masa New Normal.

Muaro Jambi – Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Jambi menggelar webinar daring dalam rangka peringatan Bulan Bahasa dengan tema “Penguatan Bahasa, Sastra, dan Budaya di Masa New Normal.” Webinar ini dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting. Rabu, (04/11).

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (Himabindo) dengan Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta media pemberitaan Genta FKIP Unja. Ada 6 narasumber yang menjadi pembicara dalam webinar ini, antara lain Dr. H. Martono, M.Pd. Dekan FKIP Universitas Tanjung Pura sekaligus Ketua BKS PTN Wilayah Barat, Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. Dosen PBSI Universitas Negeri Surakarta Sekaligus Ketua Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI), Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M.Pd. Dosen PBSI FKIP UNJA sekaligus Ketua Prodi MTP Pascasarjana UNJA, Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd. Dosen PBSI FKIP UNJA, Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum. Dosen PBSI FKIP UNJA sekaligus Ketua ADOBSI Provinsi Jambi, dan Dr. Drs. Andiopenta Purba, M.Hum., M.Div. Dosen PBSI FKIP UNJA. Sebanyak 200 peserta antusias mengikuti kegiatan webinar ini.

Acara ini dibuka langsung oleh Dekan FKIP Universitas Jambi yaitu Prof. Dr. H. Rer. Nat. Asrial, M.Si. Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Rer. Nat. Asrial, M.Si menuturkan bahwa kegiatan-kegiatan seperti webinar nasional dapat dilakukan secara berkelanjutan, sehingga memberi ruang ke publik untuk memahami bahasa, sastra, dan budaya di masa adaptasi baru.

“Saya mengharapkan Prodi PBSI ini bisa melaksanakan kegiatan berkelanjutan mengenai seminar nasional ini,” tutur Dekan FKIP Unja.

Drs. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd selaku Ketua Jurusan PBSI FKIP Unja saat diwawancarai oleh wartawan Genta FKIP mengamini penuturan Dekan FKIP tentang keberlanjutan acara ini. Tidak hanya itu, beliau berharap mahasiswa aktif mengikuti kegiatan semacam ini agar mendapat wawasan yang mendalam terkait bahasa, sastra, dan budaya.

“Kegiatan ini dilaksanakan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman baru dan aktif dengan adanya pemateri-pemateri utama sehingga bisa selalu berbagi ilmu pengetahuan. Kegiatan ini diharapkan berlanjut sampai ke tahun-tahun berikutnya dengan tema serta pemateri-pemateri luar biasa yang mampu menyajikan ilmu-ilmu bermanfaat,” pungkasnya.

Reporter: M. Apriyoza dan Kurnia Syafitriyani
Redaktur: Andi Naga Wulan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here