Peran Mahasiswa dalam Pemberdayaan Desa

0
173
Mahasiswa Imapefsi yang merupakan anggota BEM FKIP Unja berhasil memperoleh pendanaan dari program Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan melaksanakan program kegiatan PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa).

Muaro Jambi – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika (Imapefsi), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Jambi (Unja) berhasil memperoleh pendanaan dari program Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan melaksanakan program kegiatan PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) di desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Minggu (01/11).

PHP2D merupakan kegiatan yang ditujukan untuk menumbuhkan rasa peduli mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

M. Arip Nurahman selaku Gubernur Mahasiswa mengatakan bahwa pihak BEM FKIP Unja sangat mengapresiasi anggota BEM FKIP Unja yang berinisiasi melakukan pemberdayaan desa. Hal tersebut tentu memberi sumbangsih penuh untuk memajukan sendi kehidupan masyarakat desa.

“Dari BEM sendiri sangat mendukung kegiatan tersebut karena sangat mengedukasi untuk teman-teman yang lain agar dapat bersama-sama bergerak untuk pemberdayaan desa. Kami juga berterima kasih kepada masyarakat Sungai Gelam yang bersedia dijadikan tempat untuk melaksanakan program ini,” katanya melalui aplikasi WhatsApp.

Sri Wanyuhi selaku ketua tim mengungkapkan bahwa program yang dilakukan dalam rangka pemberdayaan desa yaitu dengan melakukan berbagai pelatihan berbasis digital. Dalam pelaksanaannya, program tersebut telah berjalan hampir 60%. Hanya saja kurangnya antusias masyarakat Sungai Gelam menjadi salah satu kendala untuk menjalankan program tersebut.

“Tim kami melakukan pelatihan pembuatan poster, pelatihan pembuatan alat cuci tangan otomatis, serta pelatihan pembuatan aplikasi Android. Salah satu kendalanya adalah kurangnya antusias dari warga dalam menghadiri acara tersebut,” tutupnya.

Reporter : Yunita Afriza dan Fika Puspita Sari
Redaktur: Andi Naga Wulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here