Tanjung Jabung Timur – Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneisa (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA) menggelar pelatihan bagi guru dan pegawai TU dilingkungan pendidikan Tanjung Jabung Timur, 27 Oktober 2020.

Kegiatan yang berlangsung di dua tempat yaitu, aula Dinas Pendidikan Tanjung Jabung dan SMPN 17 Tanjung Jabung Timur tersebut dibuka langsung oleh Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Drs. Mei Heriansyah.

Dalam kegiatan tersebut ada lima topik yang disampaikan kepada peserta yaitu Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berdasarkan Pengalaman Terbaik (Best Prectices) oleh Drs. Imam Suwardi Wibowo, M. Pd., Dr. Harry Soedarto, M.Pd., Dr. Rustam, S. Pd. M. Hum., Dra. Irma Suryani, M. Pd.

Foto Imam Suwardi saat memaparkan materinya di aula Dinas Pendidikan TANJABTIM

Teknik Menulis Cerita Rakyat oleh Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd., Dr. Kamarudin, M.Pd., Dra. Yusra D. M.Pd., Dr. Maizar Karim, M.Hum.

Penulisan Artikel Ilmiah oleh Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd., Dr. Kamarudin, M.Pd.

Penulisan Surat Resmi bagi Pegawai Tata Usaha dilingkungan Pendidikan oleh Drs. Albertus Sinaga, M.Pd., Drs., Larlen, M.Pd., Dra. Rasdawita, M.M., Drs. Andiopenta Purba, M.Hum., Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd.

Foto Himan Yusra dalam pelatihan Penulisan Surat resmi di SMPN 17 TANJABTIM

Optimalisasi Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Tata Cara Publikasi di Open Jurnal System (OJS) V.2 dan V.3 oleh  Prof. Dr. Drs. Mujiyono Wiryotino, M. Pd., Dr. Drs. Herman Budiyono, M. Pd., Priyanto, S. Pd., M. Pd., Drs. Akhyaruddin, M. Hum., Drs. Agus Setiyonegoro, M. Pd.

Foto Priyanto saat memaparkan materinya.

 

Drs. Imam Suwardi, M. Pd., selaku ketua Prodi PBSI FKIP UNJA mengatakan, pelatihan yang diselenggara atas kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Timur tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian dosen PBSI kepada masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan pegawai TU di kabupaten Tanjung Jabung Timur,” katanya.

Lebih lanjut, Drs. Imam Suwardi, M. Pd., berharap kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan tersebut dapat membagikan hasil pelatihan kepada guru dan pegawai di lingkungan kerjanya guna meningkatkan  profesionalitasnya. Selanjutnya diharapkan terjalin kerja sama penelitian antara dosen dan guru di Tanjung Jabung Timur.

“semoga hasil pelatihan ini dapat diteruskan kepada guru dan pegawai TU tempatnya bekerja. Selain itu, semoga ke depan ada kerja sama penelitian antar dosen dan guru,” tambahnya.

Drs. Mei Heriansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa berbagai materi yang dibawakan para dosen PBSI dibutuhkan oleh peserta. Martinus Drs. Mei Heriansyah berharap kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan.

“materi-materi yang dibawakan sangat dibutuhkan, semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan,” katanya.

Editor: Alma Tiara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here