PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNJA GELAR PELATIHAN E-LEARNING BAGI GURU MATEMATIKA SMA TANJUNG JABUNG TIMUR

0
160

JambiProgram Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi menggelar pelatihan  pembelajaran e-learning dengan menggunakan media sosial Edmodo dan penggunaan aplikasi SPSS  untuk Guru-guru MGMP Matematika SMA Tanjung Jabung Timur. Kegiatan ini dilaksanakan  pada tanggal 24 Agustus 2020 di SMA N 8 Tanjung Jabung Timur.

Dalam kegiatan tersebut ada dua topik yang disampaikan kepada peserta yaitu ‘Pelatihan  Pembelajaran E-learning dengan menggunakan Media Sosial Edmodo untuk Guru-Guru di MGMP Matematika SMA Tanjung Jabung Timur’ yang diketuai oleh Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si dengan anggota Drs. Gugun M. Simatupang, M.Si, Dr. Syaiful, M.Pd, Novferma, S.Pd, M.Pd dan dihadiri  oleh guru – guru MGMP Matematika SMA Tanjung Jabung Timur. Kegiatan pengabdian ini dibuka langsung oleh kepala MGMP Tanjung Jabung Timur  Bapak  Elisuan, S.Si, MM. dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan. Kedua, ‘Pelatihan Penyajian Data Penelitian Menggunakan Paket SPSS untuk Mempermudah Pemahaman Data pada Guru MGMP Matematika SMA Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Muara Sabak Barat’ yang diketuai oleh Dra. Dewi Iriani, M.Pd dengan anggota Drs. Husni Sabil, M.Pd, Dr. Muslim, M.Si, Rina Kusuma Dewi, S.Pd., M.Pd.

Pelaksanaan pelatihan.

Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si menjelaskan untuk membantu guru dalam pembelajaran jarak jauh secara daring salah satunya menggunakan aplikasi Edmudo. Edmudo adalah platform media social yang sering digambarkan sebagai facebook untuk sekolah dan dapat berfungsi lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan. Edmodo sangat komprehensif sebagai course management system seperti layaknya Moodle, dengan interface yang menyerupai Facebook.

“Salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai wadah proses pembelajaran berbasis e-learning adalah aplikasi Edmudo.  Edmodo dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk semua bidang studi yang tidak menggunakan aktivitas dan pengamatan secara langsung, Matematika adalah salah satunya. Edmodo dapat membantu pengajar membangun sebuah kelas virtual berdasarkan pembagian kelas yang sesungguhnya dimana di  kelas tersebut terdapat penugasan, quiz dan pemberian nilai pada setiapa pembelajaran”, jelasnya.

Dra. Dewi Iriani, M.Pd mengatakan pelatihan penggunaan SPSS dimulai dengan pengenalan peralatan yang terdapat pada SPSS. Selain penjelasan seputar SPSS peserta diarahkan untuk praktik secara langsung.

“Lebih banyak praktek karena saat bekerja dengan data akan terlihat hasilnya.  Fungsi masing-masing tool di SPSS  akan langsung dipahami saat peserta”, katanya.

Mahasiswa Pendidikan Matemateika melakukan pendampingan pelatihan penggunaan SPSS.

Elisuan, S.Si, MM selaku Kepala MGMP Tanjung Jabung Timur  mengatakan rata-rata guru kesulitan dalam menentukan dan mengunakan aplikasi e-leararning saat pembelajaran jarak jauh. Adannya kegiatan PPM yang diadakan oleh prodi pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi, menurutnya sangat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran jaraj jauh yang inovatif, kreatif, efektif, dan mudah digunakan oleh guru.

“Guru matematika kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran jarak jauh, serta terkendala pada pembelajaran e-learning.  Kegiatan  pengabdian masyarakat dengan menggunakan media social Edmodo sangat bagus untuk dilaksanakan karena  bisa menghasilkan  pembelajaran yang inovatif, efektif dan dipergunakan oleh guru sebagai penunjang pembelajaran”, katanya.

Hal senada juga dikatakan Muhammad Taifur, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SMAN 8 Tanjung Jabung Timur mengatakan  pelatihan penggunaan aplikasi SPSS akan meningkatkan keterampilan guru dalam mengolah data.

“Pelatihan pemanfaatan aplikasi paket SPSS dan dapat menambah wawasan dan pencerahan guru dalam pengolahan data untuk suatu penelitian”, ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan sesuai protokol kesehatan. Pelatihan tersebut merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi  dan didanai oleh Universitas Jambi.

Penulis : Mujahidawati, Dewi Iriani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here