Pengabdian Kepada Masyarakat di SD No 57/IV Sei Benteng dan SD Muhammadiyah Singkut Oleh Prodi PGSD FKIP UNJA

0
140

Singkut—Program studi PGSD, Fakultas Keguruan dan IImu Pendıdıkan (FKIP) Universitas Jambi mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SD No 57/IV Sei Benteng dan SD Muhammadiyah Singkut Senin 9 Agustus 2021. Kegiatan tersebut melibatkan kepala sekolah dan seluruh guru di SDN 57 dan SD Muhammadiyah Singkut yang dihadari sebanyak 50 orang.

Dr. Yantoro, M.Pd selaku Ketua Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar FKIP Unja mengungkapkan bahwa: “kegiatan ini adalah tugas perguruan tinggi, yaitu tri dharma yang harus dilakukan, salah satunya dengan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan implementasi dari kerjasama antara Prodi PGSD FKIP UNJA dengan SD No 57/IV Sei Benteng dan SD Muhammadiyah Singkut.

Pada kegiatan ini mengangkat 5 tema yaitu: 1) Menumbuhkan minat baca warga sekolah SD, No 57/IV Sei Benteng oleh Dr. Yantoro, M.Pd dan Fikri Ahmad Rosyadi, S.Pd, M. Pd. 2) Pelatihan pengembangan buku portofolio berbasis HOTS untuk meningkatkan literasi dan Numerasi siswa kelas rendah sekolah dasar oleh Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. dan Suci Hayati. S.Pd., M.Pd, 3) Pelatihan pembuatan LKPD Komunikatif berbasis kecakapan hidup sebagai bahan ajar mandiri pada pembelajaran jarak jauh di SDN 57/VII Sei Benteng 1 Singkut oleh Drs. Faizal Chan, S.Pd.,M.Si dan Hendra Budiono, S.Pd.,M.Pd, 4) Pelatihan Pemanfataan Kelas Daring New Edmodo Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Singkut oleh Drs. Andi Suhandi, M.Pd.I. dan Issaura Sherly Pamela, 5) Pelatihan Pembelajaran Aktif secara Daring di Sekolah Dasar Muhammadiyah Singkut oleh Drs.Maryono, M.Pd. dan Issaura Sherly Pamela,

Menurut kepala sekolah SD, No 57/IV Sei Benteng dan SD Muhammadiyah Singkut dengan adanya kegiatan pengabdian Dosen dari perguruan tinggi tentu sangat bernilai positif, karena dapat memberi penyegaran ilmu pengetahuan bagi guru-guru. Selenjutnya, kegiatan ini hendaknya terus berlanjut setiap tahunnya.selama kegiatan pengabdian berlangsung peserta juga terlihat sangat antusias” ungkapnya.

 

Penulis : Suci Hayati, S. Pd, M. Pd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here