Pembukaan MTQMN oleh Rektor Universitas Jambi

Muaro Jambi – UKM Pengembangan Tilawatil Qur’an (PTQ) Ar-Rayhaan Universitas Jambi menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional ( MTQMN) dengan mengangkat tema “Kontekstualisasi Nilai-nilai Qur’an di Era Society 5.0″. Kegiatan ini dibuka langsung dengan pemukulan gong oleh Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.sc., Ph.D yang di wakili oleh Wakil Rektor Universitas Jambi, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.sc., Jumat (01/10).

PTQ Ar- Rayhaan merupakan UKM pertama yang melaksanakan MTQMN di Universitas Jambi. Pembukaan MTQN ini diselenggarakan secara daring maupun luring yang diikuti lebih dari 100 peserta dari seluruh universitas di Indonesia. MTQN memiliki beberapa cabang yang diperlombakan yaitu Tilawat Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Hifzil Qur’an, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-qur’an dengan keseluruhan peserta lomba lebih dari 200 mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.sc. menuturkan, diadakannya kegiatan ini untuk memajukan mahasiswa Universitas Jambi dan memberikan banyak manfaat di dalamnya. Hal tersebut karena MTQMN mempunyai tujuan sama dengan program Unja Smart yang diluncurkan oleh Rektor Universitas Jambi.

“Mudah-mudahan perlombaan tingkat nasional tahun ini kedepannya menjadi internasional dari kita, karena hal ini berpengaruh terhadap peringkat kemahasiswaan Universitas Jambi,” katanya.

Lebih lanjut, Ustadz Dr. Supian Ramli, S.Ag., M.Ag. selaku pembina UKM PTQ Ar-Rayhaan menjelaskan, bahwa tujuan utama kegiatan ini membangun dan mengembangkan persaudaraan sesama mahasiswa di seluruh universitas yang ada di Indonesia, beliau juga sangat mengapresiasi pada kegiatan MTQMN, karena dapat menumbuhkan nuansa qur’ani pada setiap mahasiswa dan meregenerasi kader MTQ.

“Tidak hanya menanamkan nilai qur’ani di dalam kampus, tetapi juga menyiapkan kader-kader di cabang MTQ dan kedepannya semakin menginspirasi untuk mengikuti kegiatan berskala nasional lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Indra Syarif Dermawan selaku Ketua Umum UKM Ar-Rayhaan mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan MTQMN, seluruh mahasiswa yang ikut berpartisipasi menjunjung tinggi sportivitas serta menumbuhkan rasa kepedulian antar sesama meski tahun ini kegiatan lomba MTQMN hanya dilaksanakan secara daring, mengingat situasi yang belum kembali normal.

“Walaupun tahun ini daring semoga di tahun yang akan datang kita dapat melaksanakan kegiatan MTQ offline,” tutupnya.

Penulis: mlvnardiansyhh

Redaktur: Adinda Valentina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here