Workshop Literasi Keluarga dan Pencegahan Stunting yang dilaksanakan oleh Tim PPK Ormawa Imatika Unja

Batanghari –  Mahasiswa PPK Ormawa Imatika Universitas Jambi telah melaksanakan Workshop Cendekia dengan tema “Ciptakan Generasi Muda dan Sehat”. Acara dilaksanakan di Aula Balai Desa Rantau Puri dengan dihadiri sebanyak 60 peserta pada Sabtu, (10/9/22).

Kegiatan workshop diisi oleh dua pemateri, pertama dari Guru SMA IT Ash-Siddiiqi Refor Diansyah, S.Pd, M.Pd dengan judul “Literasi Keluarga sebagai Edukasi Utama” dan pemateri kedua oleh Ketua Posyandu Desa Rantau Puri, Ibu Andriwati dengan judul materi “Stunting No Way“.

Refor Diansyah, S.Pd.,M.Pd mengatakan literasi adalah proses untuk memahami hal baru. Di dalam keluarga perlu adanya literasi, yang mana anak dapat mempunyai pendidikan karakter yang bagus.

“Pendidikan karakter ini sangat penting dalam kehidupan kedepannya. Hal ini dikarenakan orang tua adalah orang yang memegang peran penting dalam keluarga dan orang pertama yang menanamkan berbagai hal berpengaruh dalam kehidupan anak, ” katanya.

Namun, akhir-akhir ini begitu marak penggunaan smartphone yang tinggi pada anak sehingga terdapat dampak baik dan buruk terhadap literasi. Tentunya orang tua perlu mengimbangi akan hal tersebut.

Refor Diansyah M.Pd juga mengatakan bahwa orang tua harus lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan literasi anak.

“Tidak menjadi suatu hal yang serius diantara keduanya, hal tersebut dapat dikolaborasikan. Orang tua harus kreatif dan inovatif sehingga kegiatan literasi tidak membosankan dan monoton. Contohnya bisa menggunakan media elektronik,” jelasnya.

Ibu Andriwati menyampaikan bahwa stunting dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang anak jika tidak dicegah sejak dini.

Stunting adalah kekurangan gizi pada bayi di 1000 hari pertama kehidupan yang berlangsung lama dan menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, perlu mencegah stunting secara terencana sejak dini, ” katanya.

Redaktur: RP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here