Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada Jum’at,, 12 Agustus 2022.

Jambi – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi (Unja) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kepada guru-guru MGMP Matematika SMP di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Pelaksanaan pengabdian berlangsung pada Jum’at, 12 Agustus 2022.

Pengabdian diketuai oleh Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si. dengan anggota Prof. Dr. Drs. Syaiful, M.Pd.; Drs. Gugun Manosor Simatupang, MSi.; Dra. Dewi Iriani, M.Pd. serta diikuti oleh mitra MGMP Matematika SMP Muaro Jambi sebanyak 50 peserta.

Tujuan pelaksanaan pengabdian untuk meningkatkan self-efficacy pada guru-guru MGMP Matematika SMP di Muaro Jambi dalam memberikan maupun membuat media pembelajaran online maupun offline menggunakan Aplikasi PreziSelain itu, adanya dampak pengganda dari pelatihan yang berjangka panjang dapat menularkan pengetahuan teknik pembinaan yang lebih efektif untuk meningkatkan prestasi matematika peserta didik di tingkat provinsi maupun nasional.

Penyampaian Materi dan Pendampingan dalam Menggunakan Aplikasi Prezi

Ketua MGMP Matematika SMP Muaro Jambi, Dini Adriani, S.Pd. menyambut kegiatan dengan tangan terbuka serta mengapresiasi atas diadakannya kegiatan pelatihan kepada guru-guru MGMP Matematika.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami, harapannya kegiatan pelatihan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin, tentunya dengan menggunakan berbagai aplikasi lain yang berbeda dari sebelumnya. Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan minat belajar siswa khususnya pada Matematika sebagai upaya menunjang kegiatan pembelajaran di kelas,” katanya.

Kegiatan dilatarbelakangi akibat pandemi covid-19 yang meyebabkan proses pembelajaran  terhambat dan kurang maksimal, demikian guru merasa khawatir tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan baik. Masa transisi belajar siswa dari online menuju ke offline membuat guru harus memikirkan cara yang kreatif untuk keberlangsungan pembelajaran di sekolah, salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi Prezi untuk membuat video pembelajaran. Video pembelajaran berbasis  aplikasi Prezi membantu guru dalam menyajikan materi pelajaran secara digital dengan tampilan yang minimalis dan memuat berbagai aksesoris lain dapat meningkatkan ketertarikan begitupula dengan semangat siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Pemanfaatan aplikasi Prezi dalam pembelajaran terbilang baru bagi banyak guru, namun hal tersebut tidak dijadikan sebagai hambatan. Dengan diadakannya pelatihan dapat menjadi kesempatan baik bagi guru untuk meningatkan kepercayaan diri dalam proses pembelajaran kepada siswa karena adanya bantuan dari teknologi mampu mendukung proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Penyerahan buku panduan Aplikasi Prezi oleh Ketua Pengabdian

Tim Pengabdian membagi kegiatan dalam tiga tahap, yaitu (1) Penyampaian materi tentang konsep materi terkait membuat video pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Prezi, (2) Pendampingan tim dalam membuat akun dan melakukan proses pembuatan video pembelajaran dengan Aplikasi Prezi, dan (3) Pemaparan hasil angket yang diberikan kepada peserta pelatihan untuk melihat respon peserta terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan dan peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan peserta terhadap materi pelatihan.

Penulis: Dina Juliana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here