Prodi Pendidikan Kimia UNJA Adakan Diseminasi Model Problem Based Learning dan Model Scaffolding Merdeka Belajar di SMP N Muaro Jambi

0
274

Muaro Jambi-Dosen Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi melaksanankan pengabdian kepada masyarakat di SMP Negeri 1 Muaro Jambi dan SMP Satu Atap Pematang Jering Kabupaten Muaro Jambi, sabtu 26 Agustus 2023. Pengabdian kepada masyarakat ini mengenai diseminasi model problem based learning dan model scaffolding sebagai implementasi kegiatan masyarakat dalam merdeka belajar.

Kegiatan dilaksanakan secara langsung di SMPN 1 Muaro Jambi dan SMP Negeri Satu Atap Pematang Jering yang diikuti 45 guru sebagai peserta. Penyampaian materi oleh dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan juga mahasiswa pascasarjana Pendidikan MIPA Universitas Jambi. Serta dibantu oleh beberapa mahasiswa sebagai panitia dalam acara kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

Di SMPN 1 Muaro Jambi kegiatan dibuka oleh wakil kepala sekolah SMPN 1 Muaro Jambi yaitu Bapak Drs. Ishak, M.Pd. Kemudian di SMP Negeri Satu Atap Pematang Jering kegiatan dibuka langsung oleh kepala sekolah SMP Negeri Satu Atap Pematang Jering Ibu Mesrawaty, S.Pd. Dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pihak dosen dan tim pengabdian atas diadakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dan mengharapkan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat meningkatkan motivasi mengajar para guru.

Salah satu pendukung berhasilnya proses pembelajaran yaitu model pembelajaran. Model pembelajaran yang saat ini sedang digemari dan mendapat perhatian dari kalangan pendidik adalah model Problem Based Learning (PBL). Model Problem Based Learning (PBL) memiliki banyak kelebihan, namun juga memiliki kelemahan yang harus diantisipasi oleh guru. Memasukkan unsur scaffolding ke dalam sintaks PBL sangatlah dibutuhkan untuk mengantisipasi kelemahan metode pembelajaran ini. Pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Diseminasi Model Problem Based Learning dan Model Scaffolding sebagai Implementasi Kegiatan Masyarakat dalam Merdeka Belajar”, dilaksanakan untuk melatih guru di SMPN 1 Muaro Jambi dan SMP Negeri Pematang Jering untuk memaksimalkan proses pembelajaran dikelas melalui model pembelajaran PBL dan model scaffolding dalam merdeka belajar.

Teknis kegiatan ini dilakukan dalam dua sesi, yaitu sesi pertama para guru diberikan informasi dan sesi kedua yaitu diskusi dengan para guru. Tim pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari ketua yaitu almarhum Ibu Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M. Kes., dan anggotanya yaitu Bapak Dr. Drs. Haryanto, M.Kes., Bapak Dr. Drs. Harizon M.Si., dan Ibu Dra. Yusnidar, M.Pd. Inovasi model problem based learning dan model scaffolding ini merupakan hasil penelitian dan hasil disertasi yang diseminasikan atau disebarluaskan kepada masyarakat komunitas pelajar oleh almarhum Ibu Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M. Kes.

“Setelah sesi diskusi tersebut kegiatan pengabdian kepada masyarakat ditutup dengan harapan melalui adanya diseminasi model problem based learning dan model scaffolding sebagai implementasi kegiatan masyarakat dalam merdeka belajar harapannya guru dapat meningkatkan suasana kelas yang aktif, membuat peserta didik untuk belajar dari permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari dan dalam proses pembelajarannya guru memberikan pendekatan scaffolding dalam langkah-langkah pelaksanaan model PBL” kata Bapak Dr. Drs. Haryanto, M.Kes.

Penulis: Dwi Agus Kurniawan
Editor: Dygta Aulia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here