Saya Zukhrufa Anisa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan empat teman tim Kampus Mengajar angkatan 7 lainnya yang dari berbagai prodi Universitas Jambi. SD Negeri 41 Kota Jambi sebagai sekolah penempatan kami beralamat di Provinsi Jambi, Kabupaten Kota Jambi, Kecamatan Danau Sipin.
Keadaan perpustakaan yang dipenuhi dengan buku paket yang tidak lagi digunakan membuat ruangan terasa sangat sempit, Padahal ditumpukan buku-buku tersebut juga banyak buku bacaan yang menarik untuk dibaca oleh siswa. Dan didalam ruangan ini ada rak buku yang tidak layak lagi untuk digunakan rak tersebut rapuh sehingga membuat ruangan perpustakaan menjadi kotor. Saya dan tim kampus mengajar membuat rencana untuk merevitalisasi perpustakaan serta membuat pohon literasi didalam ruangan tersebut supaya siswa lebih tertarik berkunjung keperpustakaan untuk membaca buku maupun belajar diperpustakaan.
Revitalisasi perpustakaan dengan cara menata ulang buku serta rak yang ada dalam ruang perpustakaan. Saya dan tim kampus mengajar mulai merivitalisasi perpustakaan ini dari pertengahan bulan maret sampai dengan akhir bulan april. Memang butuh waktu yang lumayan lama dalam melaksanakan program ini karena banyaknya buku yang harus dipilah dan dipilih.
Foto diatas merupakan dokumentasi perpustakaan sebelum direvitalisasi. Terdapat banyak buku yang tidak disusun rapih di rak karena menghindari tergabung dengan buku-buku yang tidak lagi digunakan. Saya dan tim kampus mengajar mempuanyai ide untuk mengeluarkan rak buku yang sudah tidak layak pakai agar ruangannya juga tampak lebih terang dan ruangan lebih luas lagi. Setelah itu kami tata ulang kembali semua rak yang ada. Semua buku kami pisahkan terlebih dahulu agar memudahkan kami untuk memindahkan rak-rak buku tersebut.

Buku-buku yang sudah kami pisahkan lalu kami susun kembali setelah rak itu tersusun dengan rapih.
Buku-buku yang terbitan tahun-tahun lama dan buku yang sudah benar-benar tidak terpakai lagi akan kami pisahkan dan kami letakkan digudang agar tidak tergabung dengan buku- buku yang masih dipakai. Setelah itu kami susun buku sesuai dengan kategorinya masing- masing. Terdapat banyak buku bacaan yang menarik seperti buku cerita. Buku tersebut sengaja kami pisahkan rak dengan buku pelajaran lain agar mempermudah siswa untuk membacanya.
Setelah semuanya tersusun rapih dan sesuai dengan masing-masing kategorinya, kami langsung memberi label pada rak buku tersebut. Supaya siswa lebih mudah mencari buku yang ingin mereka baca.
Selesai sudah kami menata ulang buku, selanjutnya kami membuat pohon literasi dipojok ruang perpustakaan. Kami membuat pohon literasi ini bertujuan untuk memperindah kembali ruangan perpustakaan. Dan tujuan dari membuat pohon ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak siswa yang tertarik mebaca buku diperpustakaan
Kami membuat pohon literasi ini dengan cara mengecat dinding perpustakaan dengan desain yang sudah kami konsepkan sebelumnya. Membuat pohon lebih besar agar dapat menarik perhatian siswa untuk mengunjungi serta membca buku diperpustakaan.
Dan konsep dari pohon literasi ini yaitu pohon ini akan terlihat lebih subur dengan buku bacaan yang dibaca oleh siswa. Kami menyediakan sticky note yang berbentuk daun dan siswa akan mengisi note tersebut dengan judul, kesimpulan serta nama mereka di note tersebut. Setelah

itu kami mengarahkan siswa untuk menempelkan note tersebut dipohon literasi dengan itu pohon akan terlihat lebih subur.
“ Ayo suburkan pohon lietarsi ini dengan bacaan kalian”
Kami berharap pohon ini akan selalu subur dengan bacaan-bacaan siswa di sekolah SD Negeri 41 Kota Jambi. Dan semakin banyak siswa yang ingi berkunjung ke perpustakaan sekolah.

Penulis: Zukhrufa Anisa

Redaksi: ZelaHayani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here