Muaro Jambi-Salah satu tridharma perguruan tinggi yang harus dipenuhi oleh dosen adalah pengabdian terhadap masyarakat. Salah satu tim pengabdian Universitas Jambi melaksanakan kegiatan di SMPN 8 Muaro Jambi. Tim pengabdian ini diketuai oleh Dr. Reli Handayani S.S, M.Pd dengan anggota antara lain Dr. Dra. Rachmawati, M.Pd., Dr. Ilham Falani, S.Pd., M.Si., Dr. Mukhlash Abrar, S.S., M.Hum., dan Dr. Nunung Fajaryani, S.Pd., M.Pd yang dilaksanakan dari tanggal 21 hinga 22 Juli 2024. Kegiatan pengabdian ini mengusung tema “peningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian diagnostic, formatif, dan summatif.”
Menurut Dr. Dra. Rachmawati, M.Pd., penilaian diagnostic diperlukan untuk mengidentifikasi kemampuan awal siswa di awal pembelajaran sehingga guru dapat merancang strategi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa.
Sementara itu, Dr. Ilham Falani, S.Pd., M.Si mengungkapkan bahwa penilaian formatif dilakukan selama proses pembelajaran dengan tujuan memberikan umpan balik bagi peningkatan performa siswa.
“Adapun, penilaian sumatif dilaksanakan oleh guru di akhir pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran,” ungkapnya.
Menurut Dr. Reli handayani, penilaian merupakan salah satu aspek yang penting dalam pembelajaran. Hal ini terjadi karena penilaian pembelajaran dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang telah digunakan dan mengukur kompetensi siswa. Untuk metode pengajaran yang tidak mendukung performansi siswa, guru harus melakukan modifikasi dan perbaikan.
“Guru sebagai pelaksana penilaian harus memiliki pemahaman teoretis dan praktis terkait ketiga jenis asesmen ini,” terang Dr. Reli handayani .
Ditempat yang sama, Dr. Mukhlash Abrar, S.S., M.Hum., menambahkan bahwa penerapan ketiga jenis asesmen ini memungkinkan setiap siswa belajar secara efektif sesuai dengan karakteristik dan kebutuhannya.
Pelatihan ini menggunakan empat metode meliputi penyampaian materi, demonstrasi pengembangan instrumen, praktik penggunaan aplikasi penilaian pembelajaran (quizzes), dan pendampingan. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas dan mendukung pengembangan kompetensi guru di SMPN 8 Muaro Jambi terkait pengembangan dan penerapan penilaian dalam pembelajaran.
Penulis: ZelaHayani, Dea Dianti
Redaksi: ZelaHayani