Tim Diseminasi dan Pembuatan Instrumen Penilaian Keterampilan yang diketuai oleh Drs. Darmaji, M.Si dengan anggota Rahmat Perdana M.Pd., Elza Triani S.Pd., Sri Wina Oktaviani S.Pd., Nabila Nur Rizqiyah S.Pd., Sarah Pramitha dan Sri Suryati. Melaksanakan kegiatan diseminasi dan pembuatan instrumen penilaian keterampilan di Mts Swasta Al-Hidayah beralamat di Jl. Tl. Kerinci Rt 14 No. 25, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang berlangsung di Mts Swasta Al-Hidayah Kebon IX ini dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2024 dengan tema “DISKAPROD: Diseminasi dan Pembuatan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Dasar Pada Pembelajaran IPA di MTS Swasta Al-Hidayah Kebon IX”.

Pihak MTS Swasta Al-Hidayah khususnya Kepala Sekolah Ustadz Syarbaini S.Ag. dan Ricky Purnama Wirayuda, S.Pd. dengan hangat menyambut dan merasa gembira atas kehadiran tim sosialisasi dan pelatihan ini. Selama kegiatan berlangsung, guru sangat antusias selama sosialisasi dan pelatihan dilaksanakan, tampak guru yang memerhatikan dengan seksama terkait materi yang disampaikan oleh Drs. Darmaji dan guru pun sangat aktif saat adanya sesi tanya jawab. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan dan membuat instrumen penilaian keterampilan proses dasar dalam pembelajaran IPA. Dalam kegiatan ini, para guru dilatih untuk mengembangkan metode penilaian yang efektif dan akurat guna mengukur keterampilan proses dasar siswa dalam mata pelajaran IPA. Instrumen penilaian yang dibuat diharapkan dapat membantu dalam mengidentifikasi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengamati, mengklasifikasi, mengukur, dan meramalkan fenomena ilmiah.

Gambar 1. Penyampaian Materi dan Sesi Tanya Jawab Terkait DISKAPROD: Diseminasi dan Pembuatan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Dasar Pada Pembelajaran IPA

Indikator keterampilan proses sains dasar meliputi observasi, klasifikasi, pengukuran, komunikasi, dan inferensi. Observasi merupakan kemampuan mengumpulkan informasi melalui pancaindra, sementara klasifikasi adalah kemampuan mengelompokkan objek atau fenomena berdasarkan ciri-ciri tertentu. Pengukuran melibatkan penggunaan alat ukur untuk memperoleh data kuantitatif, sedangkan komunikasi mencakup penyampaian hasil pengamatan atau eksperimen melalui tulisan, gambar, atau presentasi lisan. Inferensi adalah kemampuan membuat kesimpulan berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan dianalisis.

Gambar 2. Proses Diskusi dan Tukaran Pendapat Terkait Materi DISKAPROD Oleh Drs. Darmaji Beserta Tim dengan Para Guru di Yayasan Al-Hidayah Kebon IX Muaro Jambi

Indikator keterampilan proses sains terintegrasi mencakup perumusan masalah, penyusunan hipotesis, perencanaan eksperimen, interpretasi data, dan aplikasi konsep. Perumusan masalah adalah kemampuan mengidentifikasi pertanyaan penelitian yang jelas dan relevan, sedangkan penyusunan hipotesis melibatkan prediksi hasil eksperimen berdasarkan teori atau pengetahuan sebelumnya. Perencanaan eksperimen mencakup penyusunan langkah-langkah percobaan secara sistematis, sementara interpretasi data adalah kemampuan menganalisis hasil eksperimen untuk menarik kesimpulan yang valid. Aplikasi konsep adalah kemampuan menggunakan pengetahuan yang diperoleh untuk memecahkan masalah baru atau mengaplikasikannya dalam konteks yang berbeda.

                                        Gambar 3. Proses Penyerahan Plakat

Gambar 4. Foto Bersama Dengan Seluruh Guru yang Mengikuti Kegiatan Sosialisai dalam Materi DISKAPROD

Drs. Darmaji, sebagai inisiator kegiatan ini, menekankan pentingnya penilaian keterampilan proses dasar dalam pembelajaran IPA. “Dengan adanya instrumen penilaian yang baik, kita bisa lebih memahami sejauh mana siswa menguasai keterampilan proses dasar yang sangat penting dalam sains,” ujar Pak Darmaji. Kegiatan ini mendapat apresiasi yang besar dari para peserta, yang merasa bahwa pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah mereka. Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan secara rutin untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di MTS Swasta Al-Hidayah Kebon IX dan sekolah-sekolah lainnya.

penulis: Sarah Pramitha

Redaksi: ZelaHayani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here