GentaFKIP- Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi baru saja menyelesaikan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di MTs Muhammadiyah Kota Jambi dengan  tema “Usaha Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Berkarakter Pancasila dalam Kurikulum Merdeka”.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 12 dan 21 Agustus 2024 ini bertujuan untuk memberikan pelatihan yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, serta membentuk karakter pelajar Pancasila sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh tim yang terdiri dari 5 orang dosen yakni Melati, S.Pd., M.CC., Dra. Radiatan Mardiah, M.Hum., Lilik Ulfiati, S.Pd., M.Pd., Indri Anastasia, SS., M.Ed dan Dr. Nyimas Triyana Safitri, M.Ed.St, serta 3 orang mahasiswa yaitu Wahyu Riyanti, Dya Cahyani, dan Riska Maulina.

Di era Pendidikan yang dinamis ini, Kemandirian belajar penting dimiliki oleh seorang pelajar karna menjadi salah satu faktor dalam mencapai keberhasilan akademik serta dalam membentuk sikap dan karakter siswa yang terampil. Pelajar yang mandiri diharapkan tidak hanya mengandalkan orang tua, teman, ataupun guru dalam proses  akademiknya, tetapi juga mampu mencari sumber belajar secara mandiri serta dapat berfikir kritis dan memiliki inisiatif yang tinggi dalam belajar.

MTs Muhammadiyah Kota Jambi sebagai lembaga pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai Pancasila, memiliki komitmen untuk membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat. Oleh karena itu, pelatihan ini dirancang untuk mendukung siswa dalam mencapai kemandirian belajar yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila.

Pada kegiatan pengabdian ini, para dosen menyampaikan materi tentang pentingnya kemandirian belajar dan karakter pelajar Pancasila, mengadakan diskusi kelompok dan praktik langsung tentang cara-cara efektif untuk belajar mandiri, serta penerapan nilai-nilai Pancasila dalam tindakan sehari-hari. Para dosen juga mengedukasi siswa tentang sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pelajar Pancasila, seperti toleransi, gotong royong, dan tanggung jawab.

Selain itu, dosen-dosen juga memberikan contoh konkret tentang bagaimana siswa bisa menunjukkan perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari, seperti siswa dapat berinisiatif dalam mengatur jadwal pelajaran dirumah. Di akhir kegiatan, para siswa diajak untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menerapkannya di kehidupan nyata.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa bisa memiliki kemandirian dalam belajar, tidak hanya bergantung pada guru, tetapi mampu mencari informasi dan belajar secara mandiri. Siswa juga diharapkan mampu bertangggung jawab dan mempunyai self-management yang baik.“ ujar Bu Melati selaku ketua tim PkM.

Tim PkM berharap kegiatan ini dapat memotivasi siswa MTs Muhammadiyah untuk menjadi pelajar yang mandiri, berkarakter, terampil,  dan siap menghadapi tantangan masa depan. Kegiatan pengabdian ini merupakan langkah konkret dalam mendukung pengembangan kemandirian belajar siswa serta pembentukan karakter pelajar Pancasila. Diharapkan bahwa hasil dari kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa, membantu mereka menjadi individu yang cerdas, mandiri, dan berkarakter baik.

 

Penulis:ZelaHayani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here