Jambi, 24 Oktober 2024 Di era digital ini, penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran semakin penting untuk meningkatkan kreativitas dan keterlibatan siswa. Oleh karena itu, tim pengabdian kepada masyarakat mengadakan pelatihan tentang pembuatan e-buku (elektronik buku komik) berbasis ethnomathematics yang menggunakan aplikasi augmented reality (AR). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan baru kepada guru SMP Negeri 1 Kota Jambi dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran matematika yang lebih menarik dan kontekstual. Ketua Kegiatan, Dr. Dra. Nizlel Huda, M.Kes. Anggota Dewi Iriani, M.Pd. Husni Sabil, M.Pd. Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd. Novferma, S.Pd., M.Pd. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam bentuk workshop interaktif yang mencakup beberapa sesi, sebagai berikut:
- Sesi Pengenalan Ethnomathematics:
- Penjelasan tentang konsep ethnomathematics dan relevansinya dalam pendidikan matematika.
- Diskusi tentang budaya lokal yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran matematika.
- Sesi Pembuatan E-Buku:
- Pelatihan tentang penggunaan software dan aplikasi untuk membuat e-buku, termasuk teknik desain yang menarik.
- Pengenalan cara mengintegrasikan elemen AR dalam e-buku yang dibuat.
- Sesi Praktik:
- Guru-guru diajak untuk mempraktikkan langsung pembuatan e-buku dengan panduan dari narasumber.
- Diskusi kelompok untuk berbagi ide dan saling memberikan masukan.
Para guru SMP Negeri 1 Kota Jambi sedang mengikuti sesi pelatihan pembuatan e-buku dengan antusias. Mereka belajar menggunakan software desain dan aplikasi AR untuk membuat konten yang interaktif dan menarik bagi siswa.
Deskripsi: Peserta pelatihan sedang berkolaborasi dalam kelompok untuk membuat e-buku berbasis ethnomathematics. Diskusi yang aktif terlihat di antara para guru untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif.
Tujuan Kegiatan
- Meningkatkan pemahaman guru tentang ethnomathematics dan pentingnya konteks budaya dalam pembelajaran matematika.
- Mengembangkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi digital untuk menciptakan materi ajar yang menarik dan inovatif.
- Mendorong kolaborasi antar guru dalam merancang dan berbagi sumber belajar.
Dampak Positif
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Guru-guru yang berpartisipasi akan mampu menghasilkan materi ajar yang lebih kontekstual, interaktif, dan menarik bagi siswa. Selain itu, penggunaan teknologi AR akan meningkatkan pengalaman belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematika.
Evaluasi
Setelah pelatihan, dilakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan program. Evaluasi mencakup:
- Kuesioner untuk peserta mengenai kepuasan pelatihan dan peningkatan pengetahuan.
- Penilaian terhadap e-buku yang dihasilkan oleh peserta sebagai bukti penerapan keterampilan yang telah dipelajari.
Pelatihan Pembuatan E-Buku (Elektronik Buku Komik) Berbasis Ethnomathematics Berbantuan Aplikasi Augmented Reality (AR) di SMP Negeri 1 Kota Jambi telah berlangsung sukses dan memberikan dampak positif bagi para guru. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para guru dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran di kelas, sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang lebih inovatif dan menyenangkan bagi siswa.
penulis: Nizlel Huda