Kota Jambi, 25 Oktober 2024 – Dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi digital para guru, telah dilaksanakan pelatihan pembuatan Game Online Edukatif menggunakan software Construct 2. Kegiatan ini berlangsung di SMP N 1 Kota Jambi dan dihadiri oleh sejumlah guru yang berkomitmen untuk mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh [Drs. Husni Sabil, M.Pd.] dan tim pengabdian, yang terdiri dari Anggota:

  1. Dra. Nizlel Huda, M.Kes.
  2. Yelli Ramalisa, S.Pd., M.Sc.
  3. Wardi Syafmen, M.Si..
  4. Novferma, S.Pd., M.Pd..

Mereka berupaya memberikan keterampilan baru kepada para guru dalam menciptakan game edukatif yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi di kelas.

Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran.
  2. Memberikan pemahaman tentang pentingnya game edukatif sebagai media pembelajaran yang interaktif.
  3. Mendorong inovasi dalam metode pengajaran yang dapat menarik minat siswa.

Materi Pelatihan

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini terdiri dari:

  1. Pengenalan Software Construct 2:
    • Fungsi dan fitur utama Construct 2.
    • Cara instalasi dan pengaturan awal software.
  2. Dasar-dasar Pembuatan Game Edukatif:
    • Proses desain game: dari konsep hingga implementasi.
    • Elemen-elemen game yang menarik dan mendidik.
  3. Strategi Penerapan Game dalam Pembelajaran:
    • Cara mengintegrasikan game dalam kurikulum.
    • Contoh aplikasi game untuk berbagai mata pelajaran.
  4. Sesi Praktik:
    • Peserta melakukan praktek langsung pembuatan game edukatif berdasarkan panduan yang diberikan.
    • Diskusi kelompok untuk berbagi ide dan hasil karya.

 Peserta pelatihan semangat dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan

Pelatihan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan game, tetapi juga memperkuat literasi digital mereka. Guru yang terampil dalam teknologi informasi akan lebih mampu mengintegrasikan media digital ke dalam pembelajaran. Literasi digital yang baik akan memungkinkan guru untuk memilih sumber daya yang tepat dan menggunakan teknologi dengan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.


Peserta aktif berdiskusi dan menyimak materi pelatihan dalam membuat game edukatif.

Dampak Positif Pelatihan ini memberikan dampak positif, antara lain:

  • Peningkatan Keterampilan TIK: Para guru merasa lebih percaya diri dalam menggunakan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran.
  • Inovasi Pembelajaran: Pengenalan game edukatif membuka cara baru bagi guru untuk menyampaikan materi pelajaran dengan cara yang menarik dan menyenangkan.
  • Interaksi Siswa yang Lebih Baik: Dengan adanya metode baru, diharapkan siswa akan lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran.

Setelah pelatihan, dilakukan evaluasi untuk menilai pemahaman peserta. Para guru mengisi kuesioner yang menanyakan tentang materi yang telah disampaikan dan kesiapan mereka untuk menerapkan pengetahuan baru dalam pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa:

  • 90% peserta merasa materi pelatihan sangat bermanfaat.
  • 85% peserta berencana untuk menerapkan game edukatif dalam kelas mereka.
  • Feedback positif juga datang dari peserta yang menyatakan bahwa metode pelatihan interaktif membantu mereka lebih memahami konsep yang diajarkan.

Kegiatan pelatihan ini berhasil mencapai tujuannya untuk meningkatkan kemampuan literasi digital guru SMP N 1 Kota Jambi. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, diharapkan guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menyenangkan bagi siswa.

penulis: Husni Sabil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here