Pentaque, Olahraga Baru di Kalangan Mahasiswa FIK UNJA

0
1341
salah satu mahasiswa sedang persiapan Pentaque

Persiapkan Kejurnas 2017 di Medan

Muaro Jambi-Sebagai bentuk persiapan Kejuaran Nasional (Kejurnas)di Medan, Mahasisa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) gencar gelar latihan rutin di lapangan Pentaque FIK Universitas Jambi (Unja) Mendalo, Selasa (14/03).
Saat ditemui Berita Aktual, Rasyono, Wakil Dekan (WD) Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIK sekaligus pembina dan pelatih Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pentaque Unja di lapangan pelatihan mengatakan bahwa latihan rutin tersebut untuk persiapan kejurnas Mahasiswa se-Indonesia di Medan.
“Kita akan berangkat tanggal 4 dan pulang tanggal 11 April, pertandingan dilaksanakan tanggal 7-9 April di Stok Bina Guna Medan,” jelasnya.
Untuk olahraga Pentaque merupakan olahraga baru, tentunya masih asing ditelinga sebagian kalangan Mahasiswa. Rasyono sedikit banyak menjelaskan bahwa Pentaque adalah olahraga dari Perancis, cara bermainnya yakni mendekatkan bola besi ke bola kayu sebagai sasaran.
“Bola besi sebagai alat pemain, siapa game sampai 13 duluan itu yang menang,” paparnya.
Lapangan olah raga Pentaque
Lanjutnya, walaupun Pentaque adalah olahraga baru, tapi peminat olahraga ini tidak sedikit, tidak hanya dari kalangan mahasiswa saja yang berminat, para pelajar juga banyak yang ikut serta, karena memang untuk bisa memainkan olahraga tersebut tidak sulit dan membutuhkan fisik yang bagus. Hal tersebut terbukti dari banyaknya peserta lomba yang akan mengikuti kejurnas di Medan.
“Jadi kita mengirimkan 20 atlet, 15 putra, 5 putri, dan ini cikal bakal untuk seleksi POMNAS di Makassar nanti bulan Oktober untuk mewakili UNJA,” ungkapnya.
Rasyono juga mengatakan bahwa olahraga Pentaque terbuka untuk para laki-laki dan Perempuan yang memiliki fisik yang kurang baik untuk olahraga yang berat.
“Pentaque ini sebagai sarana untuk menyalurkan hobi olahraga yang tidak mengeluarkan energi yang banyak dan saya berharap kedepannya semakin rame pesertanya bukan hanya dari FIK tapi dari Fakultas lain,” tegasnya.
Salah satu atlet Pentaque tidak lain adalah ketua UKM FIK, dan pelatih tingkat Kota Jambi, Fajri Wijaya mengaku bahwa Pentaque marupakan olahraga baru yang masuk ke Jambi, jadi ada peluang untuk prestasi.
“Bagi yang belum mendapatkan cabang olahraga yang cocok, larilah ke Pentaque,” pungkasnya.
Reporter : Ani Maryati
Redaktur : Hilman Yusra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here