38 Mahasiswa Gelar Peragaan Busana Berbahan Barang Bekas

0
2431
Pamela Mikaresti, M.Pd memberikan penjelasan tentang penggunaan barang bekas sebagai bahan desain baju di Gedung E6 Kampus Pinang Masak, Mendalo, Rabu (11/10)

Muaro Jambi- Untuk melatih kreativitas mahasiswa dalam bidang Keteateran, Pamela Mikaresti, M.Pd selaku dosen mata kuliah Desain Produksi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (Unja) mengadakan praktik peragaan busana, Rabu (11/10).

Pamela Mikaresti mengatakan, peragaan busana tersebut merupakan pengambilan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) mata kuliah Desain Produksi bagi 38 mahasiswa yang terbagi jadi 4 kelompok.

“Ini merupakan salah satu kegiatan mata kuliah untuk pertunjukkan teater yang mencakup tari, drama, tata busana, serta tata rias,” ujarnya kepada Genta FKIP.

Masih kata Pamela, penilaian tidak hanya pada busana yang terbuat dari barang bekas tetapi juga pada tata riasnya.

“Sengaja ibu arahkan kepenggunaan barang bekas agar menarik dan unik, karena baju bagus dari bahan yang baru kan sudah banyak dan tata riasnya juga menjadi penilaian yang penting”, ungkapnya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga melatih mahasiswa mendesain busana dengan ide dan kemampuannya dalam memanfaatkan barang bekas seperti koran bekas, kardus, plastik, dan botol bekas sebagai bahan dasar pembuatan busana.

“Menambah pengalaman baru mahasiswa mendesain busana dari bahan bekas dan melatih kepercayaan diri mereka terhadap hasil karyanya”, tambahya.

Novita Sari salah satu mahasiswa mengatakan, kegiatan itu dapat melatih mahasiswa bekerja sama  mengembangkan dan menuangkan idenya dalam mendesain busana.

“Mendesain baju ini kan kerja kelompok, jadi sangat efektif untuk menuangkan ide dan melatih kerja sama, serta menambah pengalaman. Walaupun prosesnya sulit, tapi kami menganggapnya bukan sebagai beban,” ucapnya.

Rossy Kurniasih, Dewi Rosinta, Sintia Dwi Yuniarti

Redaktur: Rian Herdiana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here