Jambi – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (Unja) mengadakan kegiatan pengabdian kepada Guru-Guru di SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Kegiatan diadakan secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pada Jum’at, 10 September 2021.
Tujuan diadakan pengabdian untuk membantu dan memberikan keterampilan kepada Guru-Guru di SMP Negeri 11 Muaro Jambi melalui pendekatan STEAM (Science, technology, engineering arts and mathematics) untuk menunjang proses pembelajaran.
Permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah banyaknya Guru yang masih belum memahami terkait pendekatan STEAM, baik dari tahapan atau langkah-langkah pendekatan tersebut. Selain itu, tidak adanya workshop maupun pelatihan terkait pendekatan STEAM terhadap Guru-Guru tersebut, dan Guru sering berhadapan dengan rasa bosan yang dialami siswa akibat dari monotonnya proses pembelajaran.
Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang ada, Tim memberikan beberapa alternatif yang ditawarkan, diantaranya adalah sebagai berikut:
- Penyuluhan terkait konsep dasar dari pendekatan STEAM, mulai dari pengertian, tujuan, tahapan-tahapan yang ada pada pendekatan tersebut.
- Pelatihan merancang RPP berbasis pendekatan STEAM sesuai dengan kurikulum 2013.
- Pelatihan merancang bahan ajar dengan menggunakan pendekatan STEAM untuk mempermudah Guru-Guru melakukan proses pembelajaran.
- Penyuluhan menambahkan pengetahuan dan pengalaman Guru terkait pendekatan STEAM yang cocok dalam proses pembelajaran.
Adapun metode yang digunakan adalah metode ekspositori, demonstrasi, diskusi, tanya jawab dalam penyampaian teori-teori (materi) terkait pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan bagaimana merancang perangkat pembelajaran menggunkaan pendekatan STEAM tersebut. Anggota Tim dan peserta pengabdian bersama-sama merancang sebuah contoh dari perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM yang lengkap untuk suatu materi pembelajaran matematika.
Perangkat pembelajaran yang telah dibuat dengan metode demonstrasi tersebut dipresentasikan oleh satu kelompok. Setelah itu, Tim pengabdian memberikan saran dan komentar atas hasil rancangan pembelajaran yang telah dipresentasikan oleh peserta, serta peserta lain juga boleh bertanya dan menanggapi hasil pekerjaan yang telah dibuat oleh temannya.
(RP)