Pelaksanaan Kegiatan Kenduri Sko

Jambi – Tim PKM Lima Sko Universitas Jambi telah melakukan observasi dan wawancara pada acara Kenduri Sko di Desa Koto Iman, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi pada 27 Juli – 29 Juli 2022.

Kenduri Sko merupakan sebuah upacara kenduri adat yang telah diwariskan secara turun temurun serta masih terus dilaksanakan hingga saat ini dalam dalam kehidupan masyarakat di Kabupaten Kerinci.

Pelaksanaan Tradisi Kenduri Sko

Tradisi Kenduri Sko sendiri berlangsung selama tiga hari dimana hari pertama dilakukan musyawarah yang dihadiri depati ninik mamak, hulubalang, alim ulama, anak jantan dan masyarakat desa lainnya. Selanjutnya dilanjutkan dengan pemotongan satu kerbau. Hari kedua, masyarakat desa membuat lemang dan mencari peralatan persiapan Kenduri Sko. Pada malam harinya dilakukan prosesi penurunan dan pembersihan alat-alat pusaka. Hari ketiga, dilaksanakan prosesi pengukuhan, di sana dilakukan pemukulan gong, kata sambutan, tari-tarian, pertunjukan silat, parno dan di akhiri dengan doa dan makan bersama, lalu ditutup dengan kegiatan iring – iringan sambil membawa puyung ke rumah pemangku adat di desa.

Selama pelaksanaan tradisi tersebut, Tim Limo Sko melakukan observasi untuk mendapatkan data dan mengetahui langsung setiap prosesi yang dilakukan. Setelahnya Tim melanjutkan penelitian dengan melakukan wawancara untuk memperoleh data yang lebih lengkap dan spesifik. Wawancara diajuakan kepada Bapak Hengki, selaku tokoh masyarakat di desa tersebut. Beliau berharap program PKM ini dapat melestarikan tradisi Kenduri Sko dari generasi ke generasi.

“Kenduri Sko sudah dilakukan semenjak kurang lebih 500 tahun yang lalu yang harus dilakukan karena sudah menjadi tradisi, namun sekarang banyak anak muda yang acuh tak acuh dengan tradisi ini. Dikhawatirkan tradisi ini akan menghilang setiap prosesi pentingnya. Saya harap dengan adanya program PKM ini dapat mengedukasi anak muda tentang Kenduri Sko sehingga bisa tetap lestari,” ujarnya.

Reporter: Nisaul Afifah

Redaktur: Rp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here