Telanai – Pengkhususan teater Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Jambi menggelar pertunjukan teater di Taman Budaya Jambi, Jumat (16/06/2023).

Kegiatan ini pertama kali di selenggarakan oleh Prodi PBSI. Teater ini diberi nama Teater Himabindo. Pada pertunjukan tersebut menampilkan dua pertunjukan sekaligus, yaitu “Naik Bubung” pada pukul 15.30 dan “Malam Beinai” pada pukul 19.30 yang dipimpin oleh Nurul Andi Auliya sebagai Pimpinan Produksi.

Pementasan teater ini dibimbing oleh Dra. Yusra D., M.Pd., Oky Akbar, M.Pd., Gr., Rahmawati, M.Pd., dan Edy Mulyadi, S.Pd. Sebelum tampil, para pemain teater telah dibekali ilmu secara teoritik dan selama proses latihan dibimbing bagaimana teknis penampilan teater oleh Bapak Ibu Dosen Pembimbing.

Dalam sambutannya, Nurul menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara kekhususan teater dengan Himabindo dan kekhususan jurnalistik.

“Dua pertunjukkan ini diinisiasi oleh kekhususan teater kemudian berkolaborasi dengan Himabindo dan pengkhususan jurnalistik,” ujarnya.

Nurul juga berharap pementasan ini dapat memberikan pesan dan hiburan kepada penonton.

“Melalui pementasan teater hari ini, diharapkan dapat memberikan pesan-pesan sebagai wujud apresiasi sastra dan tentunya dapat menghibur semua yang menyaksikan. Mari kita sama-sama lestarikan sastra dan budaya yang ada di Provinsi Jambi,” tuturnya.

Ridho, salah satu aktor dalam pementasan “Naik Bubung” menyampaikan rasa bangganya bisa menjadi aktor dalam pementasan tersebut.

“Perasaan menjadi aktor itu tentunya bangga dan juga ada rasa takut. Mengingat ini pertama kalinya saya bermain teater dan disaksikan oleh banyak orang. Ditambah waktu latihan dilakukan kurang lebih satu setengah bulan,” ujarnya.

Ridho berharap kedepannya teater Himabindo tidak berhenti disini. Diharapkan nantinya ada pertunjukan lain yang hadir dari teater Himabindo.

“Harapannya ya untuk kemudian hari Teater Himabindo tidak berhenti di sini saja. Semoga akan ada pertunjukan-pertunjukan lain yang hadir dari Prodi PBSI dan semoga saya bisa menjadi salah satu aktornya,” tutupnya.

Reporter: Padmi Dwi Jayanti dan Legianingsih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here